SAMOSIR - Sudah memasuki 4 hari, Kabupaten Samosir dilanda cuaca ekstrem angin kencang. Dampaknya, sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan, salah satunya kantor desa Dolok Raja, Kecamatan Harian dihantam puting beliung, Minggu (18/7/2021) sekitar pukul 09.30. Kepada Gosumut, Senin (19/7/2021), Kepala Desa Dolok Raja, Robert Sihotang menjelaskan, puting beliung menghantam seluruh bagian atap kantor dan saat ini pihaknya sedang melakukan perbaikan.

"Diangkat puting beliung semua atapnya. Ini sedang kita perbaiki sekarang. Biaya perbaikan belum bisa kita pastikan jumlahnya," kata Robert.

Ditengah cuaca ekstrem saat ini, Robert berpesan kepada warga Kabupaten Samosir, khususnya warga kenegerian Sihotang agar meningkatkan kewaspadaan dan melakukan penebangan pohon yang berdekatan dengan rumah penduduk.

Juga dilaporkan, terpaan angin turut merusak tiang parabola optus, tiang bendera dan peralatan lainnya di kantor.

"Kita belum tau kapan cuaca ekstrem ini berakhir. Jadi kita harapkan masyarakat tetap waspada. Kalau ada pohon dekat rumah, dipotong lah," imbau Robert.

Disisi lain, Robert Sihotang juga menyampaikan, kini ada sebanyak 4 orang warganya terpapar positif corona dan 3 diantaranya sudah hampir selesai menjalani isolasi mandiri.

"Kita berharap dan berpesan agar seluruh masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengindahkan aturan dan himbauan dari pemerintah," ucapnya.

Sejauh ini kata dia, tindakan pencegahan yang dilakukan untuk mencegah penularan lebih luas, melakukan pencegahan ditingkat dusun dan meminta para pemilik warung yang berpotensi menimbulkan keramaian untuk membatasi jam operasi, buka sampai pukul 20.00.