PALAS – Peringatan Hari Jadi ke 14 Kabupaten Padanglawas, Sabtu(17/7/2021) di Komplek perkantoran SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan, dipimpin Wakil Bupati Palas, H Ahmad Zarnawi Pasaribu. Peringatan ini juga dirangkai dengan pemberian cendramata kepada para tokoh pemekaran dilanjutkan dengan pemberian tali asih kepada pensiunan ASN serta pemotongan nasi tumpeng Wakil Bupati Palas, H.Ahmad Zarnawi Pasaribu dan unsur Forkopimda.

Wabup Zarnawi mengatakan, penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para tokoh pemekaran yang telah berjuang melahirkan Kabupaten Palas.

"Memasuki usia 14 Tahun Kabupaten Palas, mari kita berkomitmen bersama menyatukan satu mindset bahwa kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Palas merupakan tanggung jawab kita bersama," harap Zarnawi.

Dengan tema semangat Hari Jadi ke 14 Kabupaten Palas, Zarnawi mengajak seluruh pihak untuk melawan Covid 19 demi Kabupaten Palas Bercahaya.

"Ditengah mewabahnya Covid 19, kita mesti dapat berperan dan memaknai perjuangan pembangunan daerah ini dengan karya dan prestasi meraih kemajuan, kemandirian serta masyarakat yang bermartabat dan menjaga kearifan lokal," ungkapnya.

Pandemi Covid-19, sambung Wabup, tidak hanya menciptakan krisis kesehatan masyarakat secara nyata, tetapi juga telah mengganggu aktivitas ekonomi nasional.

"Sebagai informasi di Kabupaten Palas sampai Jumat (16/7/2021) total yang masih terinfeksi positif Covid 19 sebanyak 205 orang. Sedangkan yang sudah selesai isolasi atau dinyatakan sembuh berjumlah 114 orang dan yang masih dirawat dan melaksanakan isolasi mandiri berjumlah 65 orang, jumlah yang meninggal dunia sebanyak 26 orang," terangnya.

Kata Wabup, jika angka positif Covid 19 meningkat di daerah ini, kemungkinan akan diberlakukan PPKM Darurat.

Oleh karena itu, Wabup mengajak masyarakat untuk tetap produktif meski Covid 19 masih mewabah. Sebaliknya, di saat pandemi Covid 19 birokrasi dituntut untuk terus bekerja melakukan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Ia menambahkan, kebiasaan untuk membangun pola pikir dan budaya kerja yang inovatif akan menjadi langkah awal bagi seluruh ASN di lingkungan pemerintahan Kabupaten Palas untuk mencapai prestasi.

"Tingkatkan kedisplinan dan jangan jadikan pandemi Covid 19 untuk bermalas masalan," pesan Wabup.

Peringatan ini dihadiri juga Ketua DPRD Palas Amran Pikal Siregar, Kapolres AKBP Jarot Yusviq Andito, Dandim 0212/TS Letkol.Inf. Rooy Chandra Sihombing, Kajari Teuku Herizal, Kakankemenag H.Abdul Manan, Kepala PN, Kepala PA, sejumlah Tokoh Pemekaran, Ketua MUI H.Ismail Nasution LC, Pimpinan Cabang Bank Sumut, Indra Syah Edison, Pimpin Cabang Bank BRI Sibuhuan, Eldin Suranta, Pimpinan Bank BNI 46, sejumlah Kabag, Kasat Polres Palas, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Kemasyarakatan, Karang Taruna.