SAMOSIR - Sesuai data terbaru yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir, hingga malam ini tercatat ada penambahan sebanyak 44 kasus Covid-19 di Kabupaten Samosir. Secara kumulatif, jumlah konfirmasi positif aktif sudah sebanyak 356 orang. 
"Angka konfirmasi positif di Kabupaten Samosir pada bulan Juli ini meningkat secara signifikan. Hingga Jumat malam, angka konfirmasi positif aktif telah mencapai 356 kasus dengan 90 angka kesembuhan dan secara kumulatif sebanyak 801 kasus. Ada sebesar 44.44 persen kenaikan angka kasus hingga minggu ketiga bulan Juli ini," tulis juru bicara Satgas penanganan Covid-19 Samosir, Rohani Bakkara, lewat pesan whatsapp, Jumat (16/7/2021) malam.
 
Disampaikan, hingga hari ini belum ada pelandaian kasus konfirmasi positif harian secara signifikan namun upaya-upaya intensif Satgas Covid-19 kecamatan dan desa telah dilakukan untuk menurunkan angka konfirmasi positif. 
 
Dan secara keseluruhan, Satgas Covid-19 kecamatan dan desa telah mengaktifkan Posko penjagaan bagi pelaku perjalanan dari luar Kabupaten Samosir ke desa untuk memastikan penegakan Instruksi Bupati (Inbup) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro dan surat edaran (SE) Nomor 19 Tahun 2021 tentang oelaksanaan adat istiadat atau pesta di Kabupaten Samosir.
 
Lebih lanjut, yang menarik adalah Satgas Covid-19 kecamatan dan desa melakukan pekerjaan dari pintu ke pintu untuk melakukan penyemprotan disinfektan dan pembagian masker sekaligus mensosialisasikan protokol kesehatan.
 
"Ini berarti, teknis pengendalian penanganan Covid-19 sudah menyentuh unit terkecil dan akan terus dilanjutkan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 hingga terjadi perubahan zonasi dari merah ke oranye, oranye ke kuning, dan kuning ke hijau," ujar Rohani.
 
Sambungnya, penjagaan pintu-pintu masuk melalui jalur danau dan darat juga sudah diperketat untuk memastikan protokol kesehatan dilaksanakan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) sesuai pedoman yang disosialisasikan melalui melalui laman website dan media sosial Pemerintah Kabupaten Samosir. 
 
Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir juga menghimbau seluruh masyarakat Samosir agar tetap mempedomani dan mematuhi produk hukum baik Instruksi Bupati maupun surat edaran yang dikeluarkan oleh Bupati Samosir dalam melakukan kegiatan sehari-hari agar terjadi penurunan angka konfirmasi positif harian. 
 
"Di atas itu semua, mari tetap mendoakan para pemimpin kita di Kabupaten Samosir agar diberi hikmat dan kekuatan dalam mengendalikan pandemi Covid-19. Demikian juga para warga terpapar agar mendapatkan kesembuhan melalui isolasi mandiri dan atau perawatan di RSUD dr. Hadrianus Pangururan," ajak Rohani.
 
Berikut data perkembangan Covid-19 di Kabupaten Samosir hingga, Jumat (16/7/2021) pukul 21.40 Wib, dengan rincian 44 kasus baru, 19 sembuh, kumulatif konfirmasi positif 801 orang. Dan untuk keseluruhan mulai dari konfirmasi positif, suspek dan probable sebanyak 808 orang.
 
Berikut juga disampaikan hasil perkembangan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Samosir hingga, Jumat (16/7/2021). Total yang telah divaksin di wilayah Kabupaten Samosir sejumlah 23.700 orang.
 
Jumlah yang sudah tuntas divaksin dosis 1 dan dosis 2, sebanyak 8.686 orang. Belum mendapatkan vaksin dosis 2, sebanyak 15.014 orang.
 
Sementara persediaan vaksin hingga, Jumat (16/7/2021) di Kabupaten  Samosir sebanyak 142 vial Vaksin Sinovac dan 502 vial Aztrazeneca.
 
Dan hari ini, total pelaksanaan vaksinasi sebanyak 493 orang dengan rincian, dosis 1 sebanyak 342 orang, dan dosis 2 sebanyak 151 orang.*