SAMOSIR - Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Samosir melaksanakan focus group discussion (FGD) pengembangan pariwisata dan desa wisata, Jumat (16/7/2021) di Hotel Sitio-tio, Kecamatan Pangururan.

Bupati Samosiir, Vandiko Timotius Gultom yang hadir dalam kesempatan tersebut mengutarakan banyaknya potensi desa wisata di Samosir yang masih membutuhkan penanganan secara komprehesif terutama kualitas sumber daya manusianya.

"Untuk itu, mari kita persiapkan SDM khususnya pelaku pariwisata di desa kita masing-masing," ucap Bupati.

Bupati menyebut, Pemerintah Kabupaten Samosir telah mengupayakan berbagai langkah untuk memajukan desa wisata, antara lain pengajuan usulan pembangunan infrastruktur jalan menuju desa wisata yang saat ini sedang disurvei tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Disampaikan, pengajuan serupa juga telah disampaikan kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, serta Kementerian lainnya.

Kepada para peserta FGD, Bupati berharap dapat memberi ide kreatif dan inovatif serta menghasilkan kesepakatan bersama untuk mengembangkan pariwisata dan desa wisata sebagaimana tercantum pada misi RPJMD Kabupaten Samosir, yaitu "Membangun Kemandirian Ekonomi Berbasis Pertanian dan Pariwisata" dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

FGD ini juga dihadiri Ketua Komisi III DPRD Samosir, Jonner Simbolon, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Samosir, Kepala Dinas Pariwisata, Dumosch Pandiangan, Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, Vikbon Simbolon, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Rudi Siahaan, Camat Pangururan, Camat Ronggur Nihuta, Kepala Desa, Ketua Pokdarwis, serta tokoh masyarakat.