KARO - Sebanyak sembilan rumah hangus terbakar di Desa Kesumpat, Kecamatan Mardinding, Kabupaten Karo, Rabu (14/7/2021) sekitar pukul 10.00. Diketahui rumah-rumah yang terbakar merupakan bangunan semi permanen yang ditempati oleh warga. Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Karo langsung meluncur ke lokasi usai menerima laporan dari warga. Dibantu personel TNI-Polri beserta warga setempat, petugas pemadam kebakaran beraksi untuk memadamkan api, namun api terlanjur membesar dan melahap bangunan miliki warga.

Adapun pemilik rumah yang dilahab si jago merah, yakni Parlin Tarigan (48), Naga Tarigan (45), Maria Br Sembiring (68), alm. Pendobahen Sitepu yang ditempati oleh Ester Sinaga (30), Alm. Anus Lingga yang ditempati oleh Pijai Lingga (30), Berita br Tarigan yang ditempati oleh Tobat Tarigan (47), Hermantoni Kacaribu (55), Murni br Singarimbun (65), Usaha Karo-karo yang ditempati oleh Malempagi Singarimbun (55), dan Satu bangunan bekas kantor Kepala Desa Kesumpat.

Dari hasil penyelidikan di lapangan, didapati informasi yang menyatakan diduga api pertama kali muncul berasal dari rumah milik alm. Anus Lingga yang ditempati oleh cucunya Pijai Lingga. Pada saat kejadian Pijai yang tinggal sendirian di rumah itu tidak berada di dalam rumah maupun berada di lokasi saat api membakar rumahnya. Informasi yang di dapatkan dari masyarakat, Pijai saat ini sedang dalam kondisi depresi.

Semua Korban yang rumahnya terbakar merupakan petani di kecamatan Mardinding, Karo. Mereka pun berharap adanya uluran tangan, baik dari pemerintah maupun para dermawan.

Beruntung dari kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai Milyaran Rupiah.

Untuk mengetahui penyebab kebakaran, aparat langsung memasang garis polisi dan melakukan pendalaman, serta mengumpulkan barang bukti yang didapati di lokasi kejadian.