TOBA - PT. Toba Pulp Lestari menyemprotkan sebanyak 6.000 liter cairan disinfektan di sepanjang jalan Desa Parik, Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba, hingga ke ruas badan jalan serta seluruh rumah rumah warga. Hal ini dilakukan menyusul pasca banyaknya warga Desa Parik, yang terpapar Covid-19 di awal Juli 2021.

Penyemprotan cairan ini dilakukan perwakilan management perusahaan dengan menggunakan mobil tangki di dampingi Sekretaris Desa Parik Marsinton Sitorus dan para perangkat desanya juga dipandu Camat Uluan Hendra Butarbutar bersama Kabid P2P Dinas Kesehatan Tiurminta Hutagaol dan beberapa petugas medis lainnya dengan dikawal oleh personel Polres Toba.

Camat Uluan Hendri Butarbutar saat dikonfirmasi Gosumut di lokasi menjelaskan, penyemprotan cairan disinfektan di Desa Parik hari ini dilakukan PT.TPL bukan permintaan desa mupun pihak kecamatan, namun penyemprotan murni bantuan dari TPL tanpa ada permohonan.

"Sebelumnya perwakilan management berkoordinasi kepada kita bahwa mereka akan memberikan bantuan dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke Desa Parik guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Desa Parik," ujar Hendri, Senin (12/7/2021).

Dia mengakui, sebanyak 41 warga desanya yang telah terpapar Covid-19.

"Atas bantuan PT.TPL, saya selaku Camat di Kecamatan Uluan mengucapkan terima kasih atas kepedulian perusahaan dengan memberikan bantuan cairan disinfektan serta menyemprokannya langsung ke seluruh ruas jalan desa hingga bagian luar rumah penduduk desa," ungkap Hendri.

Leo Hutabarat Socab Advisor PT.TPL,Tbk saat dikonfirmasi wartawan di Desa Parik menjelaskan, penyemprotan yang dilaksanakan hari ini di Desa Parik murni adalah bentuk kepedulian PT.TPL terhadap kesehatan warga Desa Parik pasca adanya puluhan warga terkonfirmasi Covid-19.

"Penyemprotan cairan disinfektan kita lakukan mulai dari simpang jalan masuk desa sepanjang 3 Km, berikut sepanjang ruas jalan di setiap dusun dusun desa serta bagian luar rumah warga desa," kata Leo.

Leo menambahkan, cairan disinfektan ini juga akan dibagikan kepada masing masing warga desa yang telah mempersiapkan wadahnya agar warga bisa menyemprotkan langsung ke bagian dalam rumahnya masing masing.

"Perusahaan juga berencana akan memberikan bantuan sembako kepada warga Desa Parik di akhir Juli ini. Rencana ini telah diajukan kepada pihak manajemen untuk disetujui, mudah mudahan secepatnya disetujui. Pemberian bantuan ini adalah sebagai wujud nyata kepedulian PT.TPL kepada masyarakat serta dukungan perusahaan kepada pemerintah dalam upaya pemberantasan dan memutus mata rantai penyebaran wabah pandemi Covid 19," tegas Leo.

Kepala Desa melalui Sekretaris Desa, Mariston Sitorus saat dikonfirmasi Gosumut di Kantor Desa Parik menjelaskan, yang terkonfirmasi positif Covid-19 adalah warga di 2 dusun Desa Parik yakni warga Dusun 1 (Huta pargodungan, Huta Lumbanmual dan Huta Sosorbinanga) sebanyak 11 orang dan warga dusun 2 (Huta Pagordang dan Huta Sosorsaba) sebanyak 30 orang dengan total 41 orang.

"Atas nama pemerintah desa dan warga Desa Parik saya menyampaikan terima kasih kepada management perusahaan dan kami berharap jangan hanya sebatas cairan disinfektan saja, kiranya management perusahaan bisa memberikan bantuan sembako dan vitamin kepada kami warga Desa Parik khususnya bantuan vitamin kepada warga desa kami yang positif Covid-19," harap Mariston.