TOBA - Viktor Silaen, anggota DPRD Sumut Dapil IX (Kabupaten Toba, Samosir, Taput, Humbahas, Tapteng dan Sibolga) melaksanakan reses ke Desa Hutagaol Sihujur, Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba, Selasa (6/7/2021).


Reses III Tahun Sidang II Tahun 2020-2021 tersebut dilakukan guna mendengarkan aspirasi dan permohonan warga desa daerah pemilihannya kepada pemerintah.

Kepala Desa Hutagaol Sihujur, Jonni Poliman Hutagaol menyampaikan, dengan kehadiran anggota DPRD Propinsi Sumut hari ini akan membawa berkah bagi warga Desa Hutagaol Sihujur dengan akan terwujudnya berbagai program pembangunan yang diajukan seperti pembangunan jalan desa dan pembangunan sarana prasarana air bersih untuk kebuhuan hidup sehari hari warga desa.

Sekretaris BPBD Hutagaol Sihujur, Alboin Pangaribuan membeberkan Desa Hutagaol Sihujur telah dicanangkan menjadi desa wisata, namun jalan menuju desa ini sangat meprihatinkan.

"Kiranya fasilitas pendukung bisa diperbaiki dan dibangun khususnya pembangunan jalan menuju desa wisata Hutagaol Sihujur bisa terealisasi pembangunannya, agar wisatawan bisa berkunjung ke sini," harap Alboin.

Hal senada juga disampaikan Op.Esra Hutahaol (67). Mewakili warga desa lainnya, Esra menyampaikan permohonan yang sama berikut permohonan pembangunan depot penyulingan air bersih guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga desa yang selama ini mereka kesulitan akan kebutuhan air bersih.

"Hal ini dikarenakan beberapa fasilitas pendukung air bersih yang dibangun tidak berfungsi dengan baik. Apalagi di masa musim penghujan tiba membuat sumber air jadi keruh dan berlumpur, karena air langsung dialirkan dari sungai di pegunungan langsung ke rumah rumah penduduk," ujar Esra.

Viktor Silaen dalam arahan dan sambutannya menyampaikan, akan menyurati dan mendesak Pemerintah Kabupaten Toba untuk membuat program pembangunan ke jalan Desa Hutagaol Sihujur.

Viktor juga mengimbau, seluruh warga desa tetap melestrikan dan melaksanakn budaya kerja sama gotong royong atau marsiadapari (Bekerja secara bersama sama_RED) sebagaimana butir sila ketiga Pancasila, persatuan Indonesia.

"Dengan bersatunya dalam melaksanakan sebuah pekerjaan berat akan terasa ringan dan bisa terselesaikan dengan cepat," bilangnya.

Terkait dengan beberapa permohonan yang disampikan warga, dia mengaku, akan ditampung dan akan dibawa dalam sidang dewan selanjutnya di DPRD Sumut.

"Serta akan menyurati Pemerintah kabupaten Toba untuk menampungnya di anggaran APBD Kabupaten Toba di program pembangunan 2022 nanti," sebutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Viktor juga mengajak masyarakat agar selalu waspada dan jangan anggap remeh tentang keberadaan wabah pandemi Covid-19 saat ini.

"Tetap ikuti dan patuhi pelaksanaan Prokes sesuai yang telah ditetapkan oleh pemerintah demi menjaga kesehatan dan keselamatan kita bersama," ajak Viktor

Untuk itu, dia meminta, warga untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung gizi dan vitamin serta wajib menggunakan masker.

"Jaga jarak dan istirahat yang cukup serta kurangi mobilitas pergerakan dan hindari kegiatan yang berkerumun atau kegiatan yang mengundang keramaian," imbaunya.