TOBA - Unit Kerja Pengelola Barang Jasa (UKPBJ) Kabupaten Toba melaksanakan pelelangan tender untuk beberapa proyek pembangunan di 5 kantor dinas dan Rumah Sakit Umum Derah (RSUD) Pemerintah Daerah Kabupaten Toba. Kepala Bagian Barang dan Jasa UKPBJ Toba, Marihot Simanjuntak, kepada Gosumut di ruangan kerjanya, Kamis (1/7/2021) menjelaskan, pelaksanaan pelelangan tender proyek tersebut terdiri dari 5 kantor dinas dan 1 RSUD dimulai penyampaian berkas penawaran hingga pengumuman pemenang laksanakan mulai Juni sampai Juli 2021.

"UKPBJ meĺelang tender proyek sebanyak 27 paket lelang proyek tersebut adalah dari Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, Dinas Perindakop, Dinas Kesehatan, RSUD Porsea, Dinas Kesehatan dan Dinas PUPR Kabupaten Toba," terangnya.

Di antaranya 18 paket di Dinas Pendidikan dengan 13 paket pembangunan rehabilitasi, 4 paket pembangunan laboratorium dan 1 paket pembangunan ruangan praktik SKB Porsea.

"Untuk Dinas Pariwisata ada 5 paket proyek, Dinas Perindakop ada 1 paket, Dinas Kesehatan 1 paket pembangunan Puskesmas Ajibata, RSUD Porsea 1 paket proyek belanja modal bangunan kesehatan dan untuk Dinas PUPR 1 paket proyek lelang ulang pembangunan jaringan irigasi D.I.Sihailhail Kecamatan Balige," jelasnya.

Marihot menjelaskan, paket tender ulang di Dinas PUPR pada proyek pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi D I Sihailhail, karena ada sanggahan. Di mana, pemenang pertama dan kedua sama sama memiliki dukungan surat daftar harga bahan dari UD.Posma Sari.

Setelah panitia menerima surat sanggahan, panitia Pokja UKPBJ melakukan pemeriksa dokumen surat daftar harga kepada UD Posma Sari dan didapati keterangan surat daftar harga bahan yang diberikan Posma dari kepada pemenang dan tidak diakui oleh Posma Sari mereka yang mengeluarkannya.

"Hal ini dipastikan oleh Pokja setelah diklarifikasi kepada pemilik UD Posma Sari dan menyatakan tidak mengakui harga itu. Maka proyek PUPR tersebut dibatalkan dan ditenderkan ulang untuk tahun ini," jawabnya.

Marihot juga mempersilakan semua pemilik perusahaan untuk memasukan penawaran secara online sesuai dengan klasifikasi perusahaan masing masing dan dengan melengkapi seluruh dokumen persyaratan yang dimintakan.