PADANGSIDIMPUAN - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumatera Utara Dr. H. Maratua Simanjuntak turun ke Kota Padangsidimpuan untuk memberikan pencerahan sekaligus meminta ulama terutama yang tergabung dalam MUI agar selektif dalam memberikan pendapat.

“Provinsi ditugaskan untuk menyampaikan berita bahwa pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Kalau anda (ulama) tidak yakin adanya Covid-19 maka diamlah,” kata Ketua MUI Sumut Dr. H. Maratua Simanjuntak didampingi Sekretaris MUI Sumut Prof. Dr. H. Asmuni dalam acara kunjungan silaturrahmi di Kantor MUI Kota Padangsidimpuan, Senin (28/6/2021).

Kegiatan kunjungan silaturrahmi Ketua MUI Sumut tersebut dihadiri Wakil Wali Kota Padangsidimpuan Ir. Arwin Siregar, Ketua MUI Kota Padangsidimpuan Zulfan Efendi Hasibuan, MA, Pengurus MUI Kecamatan se-Kota Padangsidimpuan dan mewakili Kepala Kantor Kesbangpol Kota Padangsidimpuan.

Maratua Simanjuntak menjelaskan, ulama sebagai tokoh panutan yang didengar masyarakat pendapatnya, idealnya tidak memberikan pendapat terkait Covid-19, jika kurang atau tidak yakin karena sangat berdampak terhadap perilaku masyarakat dalam menyikapi pandemi Covid-19.

Ketua MUI Sumut mengungkapkan, dirinya sangat yakin dengan adanya virus Corona sehingga protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah atau Satgas Penanganan Covid-19 harus dipatuhi sehingga upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dapat terwujud.

Terkait dengan penguatan terhadap lembaga MUI, Maratua Simanjuntak dalam kunjungan kerja ketiga kalinya sejak menjabat sebagai Ketua MUI Sumut menegaskan ada lima tertib MUI yang disebut dengan Panca Tertib DIWAL yakni Diri, Ibadah, Waktu, Administrasi dan Lingkungan.

Menurutnya, pengurus MUI harus menggunakan sarung dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari karena pakaian dapat memuliakan seseorang.

“Ada umpama ya, ngartibnya pakaianmu memuliakanmu,” ujar Maratua Simanjuntak.

Di sisi lain, Maratua berharap agar ulama dan umaro berjalan bersama atau memiliki pemahaman yang sama dalam menegakkan kebenaran agar keberkahan itu dapat diraih.

Ketua MUI Padangsidimpuan Ustadz Zulfan Efendi Hasibuan, MA menyambut baik kehadiran Ketua MUI Sumut bersama Sekretaris MUI Sumut Prof. Dr. H. Asmuni dan pengurus lainnya dalam memberikan pencerahan dan penguatan terhadap MUI Kota Padangsidimpuan.

Wakil Wali Kota Padangsidimpuan Ir. Arwin Siregar mengatakan, Pemko Padangsidimpuan akan berkomitmen mendukung dan mensupport kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan MUI demi kemaslahatan ummat, terutama di Kota Padangsidimpuan.