MEDAN - Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution meletakkan batu pertama untuk pembangunan taman edukasi bencana dan dinding penahan bantaran di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Deli, Jalan Perdana, Kecamatan Medan Labuhan, Senin (28/6/2021).

Pembangunan itu merupakan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. PLN Persero Unit Induk Wilayah Sumatera Utara.

Dalam sambutannya Bobby Nasution mengucapkan terima kasih kepada PT. PLN yang membantu pembangunan taman edukasi bencana dan dinding penahan bantaran di DAS Sungai Deli.

Menurut Bobby Nasution ini merupakan wujud dukungan BUMN dalam mensukseskan salah satu program prioritas Pemko Medan yaitu penanganan masalah banjir.

"Saya berterima kasih kepada PT. PLN atas bantuan CSR yang telah diberikan," kata Bobby Nasution.

Bobby juga menjelaskan saat ini Pemko Medan bersama Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat dalam hal ini Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II tengah fokus menangani tiga sungai di Kota Medan antara lain sungai Babura, Deli dan Bedera guna mengatasi permasalahan banjir di Kota Medan.

"Ada tiga sungai yang saat ini dalam penanganan untuk mengatasi masalah banjir di kota Medan, kami juga telah menyiapkan anggaran jika nanti diperlukan dalam bantuan lahan untuk mempermudah normalisasi sungai," kata Bobby Nasution.

Selain itu Bobby Nasution menceritakan aliran sungai di Kota Medan ini juga memiliki sejarah panjang salah satu di titik pertemuan antara sungai Deli dan sungai Babura yang menjadi sejarah berdirinya Kota Medan. Karena itu, Bobby berencana menjadikan kawasan tersebut sebagai cagar budaya.

"Tentunya ini tidak dapat dilakukan sendiri Pemko Medan, perlu adanya dukungan dari seluruh pemangku kepentingan untuk sama-sama membantu," ujarnya.