LABUHANBATU - Kapolsek Panai Tengah, AKP Rusdi Koto dan personel berjibaku memadamkan api akibat kebakaran lahan yang berada di Peringgan Perbatasan PT.PAL di Dusun Sirahu, Desa Selat Beting, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhan Batu, Senin (28/6/2021).
Lokasi semak belukar dan memiliki tanaman sawit yang tumbuh jarang jarang ini terbakar sekitar 20 hektar. Lahan ini diketahui milik masyarakat bernama Daniel Patomin Nababan dan kawan kawan.

Selain Kapolsek, pemadaman juga diikuti Kanit Reskrim Ipda Chaidir N Suhartono, Kanit Provost Aiptu Kholik Hasibuan, Aiptu Sistrianto, Bripka F Sianipar serta dibantu 12 Karyawan Perkebunan PT.PAL.

Menurut Kapolsek, peristiwa ini terjadi pada Minggu (27/6/2021) sekitar pukul 16.00. Di mana, personel Polsek Panai Tengah mendapatkan informasi kebakaran lahan yang berada di Dusun Desa Selat Beting melalui aplikasi Lancang Kuning.

"Kemudian personel melakukan pencarian tentang kebakaran lahan tersebut dengan cara menghubungi warga setempat dan juga Humas PT.PAL saudara Gendra Hutapea. Pak Humas mengatakan bahwa melihat asap kebakaran di sekitar perbatasan PT.PAL Blok E 27," ujar Kapolsek.

Mendapat informasi tersebut, Kapolsek bersama personel terjun ke lokasi lahan kebakaran dan melakukan pemadaman bersama dengan Karyawan PT.PAL dengan menggunakan mesin robin.

Meski api sudah dipadamkan, akan tetapi asap tebal dari bekas kebakaran lahan masih ada, sehingga dikhawatirkan masih ada api.

Atas perintah kapolsek Panai Tengah, Kanit Reskrim dan personel Polsek Panai tengah lanjut kembali untuk pemadaman api di lahan yang terbakar hingga sampai saat ini lahan tersebut masih mengeluarkan asap kebakaran lahan gambut.

"Adapun luas lahan masyarakat yang terbakar di peringgan perbatasan dengan PT.PAL kurang lebih sekitar 20 hektar. Sampai saat ini pemadaman masih dilaksanakan personel Polsek Panai Tengah dan dibantu karyawan PT.PAL," tandasnya.