PALAS - Tim Dikti Sumut mengunjungi Kampus Satu Institut Teknologi dan Sains (ITS) Kabupaten Padanglawas, Kamis (24/6/2021).

Kunjungan tim Dikti yang dipimpin Sekretaris LL Dikti Sumut, DR. Mahriyuni ke Kampus ITS tersebut bertujuan untuk survei kelengkapan sarana dan prasarana perkulihan mulai dari sarana gedung dan fasilitas lainnya, apakah sudah layak untuk beroperasi sebagai perguruan tinggi atau belum.

DR Mahriyuni M.Hum menyampaikan kepada Ketua Yayasan Institut Teknologi dan Sains (ITS) DR. H. Amarullah Nasution SE MBA di dampingi sejumlah dosen agar tetap berkolaborasi dengan masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda dan pihak-pihak lainnya.

"Kehadiran ITS di daerah ini dengan niat dan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam jenjang perguruan tinggi yang akan dibuka penerimaan mahasiswa/i baru untuk tahun 2021 ini. Oleh karena itu, kehadiran Kampus Insitut Teknologi dan Sains (ITS) di Kabupaten Palas bisa membantu pengembangan kemajuan SDM bagi masyarakat yang ekonomi lemah khususnya," harapnya.

"Tidak perlu jauh jauh untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi, karena telah hadir ITS senagai solusi untuk lulusan SMA sederajat," kata Mahriyuni.

Ketua Yayasan Institut Teknologi dan Sains, DR. H. Amarullah Nasution SE. MBA mengatakan, izin pendirian Kampus ITS Paluta dan Palas sesuai akte Notaris no 34 dan Sk Menkumham no.AHU-006484.A.H.91.04 tahun 2019.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 149/E/0/2021, dengan membentuk Institut Teknologi Padanglawas (ITS).

"Kampus ITS membuka 4 prodi sesuai dengan kebutuhan daerah dan global saat ini yaitu program ilmu komputer, sistem komputer (S1-com) teknologi komputer (S1-com) program pertanian, prodi peternakan (S1-SPt) dan prodi agroteknologi (S1-SP)," terangnya.

Kampus ITS II Palas, imbuh dia, membuka pendaftaran untuk tahun akademik 2021- 2021 yang dilaksanakan mulai Juni sampai akhir September 2021.

"Tenaga dosen tamatan S2 yang andal dan berkompeten sesuai program bidang studi yang ada di ITS," sebut Amarullah Nasution.

Amarullah menambahkan, kampus ITS Palas dilengkapi dengan fasilitas gedung berlantai 3 dengan sarana ruang laboraturium komputer, perpustakaan dan ruang perkuliahan yang aman dan nyaman.