TOBA - Masyarakat Desa Pintubosi, Kecamatan Laguboti, menggelar syukuran ucapan terima kasih kepada perusahaan PT.TPL, TBK atas pembangunan jalan hotmix sepanjang 700 meter yang dibangun perusahaan, Jumat (18/6/2021).

Pembangunan jalan sepanjang 700 meter tersebut dibangun pada ruas jalan Baru Pintubosi melintasi Dusun Lumbansaro, Hutaginjang dan Sitabotabo Desa Pintubosi.

Kepal Desa Pintubosi Hendri Pangaribuan kepada Gosumut saat dikonfirmasi menjelaskan, jalan baru ini sudah berusia 30 tahun dibuka PT.TPL untuk sarana pendukung jalan transportasi armada pengangkut kayu bahan baku pabrik untuk Pulp (Bubur kertas) dari Kawasan HPHTI (Hak Pengusahaan Hutan Produksi Industri) PT.TPL, Tbk di wilayah Habinsaran sekitarnya.

"Selama itu, jalan ini masih hanya sebatas jalan tanah merah, bila musim hujan jalan pasti becek luar biasa demikian halnya bila musim Kemarau sepanjang ruas jalan kering dan abu beterbangan luar biasa banyaknya sehingga membuat warga desa resah," ungkapnya.

Menyikapi hal tersebut, Pemdes Pintubosi berkoordinasi didukung pemerintah kecamatan dan pemerintah kabupaten berkoordinasi kepada managemen PT.TPL dengan mengajukan proposal permohonan pembangunan hotmix jalan yang pada akhirnya disetujui dan dibangun PT.TPL, Tbk dan pembangunannya telah selesai.

"Hari ini kita resmikan dan dilakukan serah terima pembangunan jalan bersama seluruh warga desa, pemerintah kabupaten dan kecamatan dan desa dengan pihak perwakilan management perusahaan," ucap Hendri.

Arnod Pangaribuan (43) warga Desa Pintubosi mewakili warga desa, menyampaikan bantuan TPL sangat membantu dalam upaya peningkatan taraf hidup dan ekonomi mereka, secara khusus dalam upaya peningkatan pembangunan jalan sebagai salah satu sarana pendukung utama dalam upaya peningkatan pembangunan ekonomi masyarakat Desa Pintubosi.

Diakuinya, jalanan ini dibuka TPL sekitar 30 Tahun lalu. Dulunya, warga sama sekali tidak memiliki akses jalan. Dengan kehadiran PT.TPL, jalan ini dibuka, yang secara otomatis membuka akses interaksi desa dengan desa lain hingga ke kecamtan dan kabupaten, sehingga lebih leluasa bebas keluar masuk serta hasil usaha pertanian dan kebun bebas pengangkutannya untuk dipasarkan.

"Tidak seperti 30 tahun silam, terkungkung dan sulit dimasuki kendaraan. Bahkan dulu pedatipun tidak bisa masuk di zaman itu," ungkap Arnold.

Sekda Kabupaten Toba Audhi Murphy Sitorus mewakili Bupati Toba menyampaikan, pihaknya bangga dengan inisiasi masyarakat Desa Pintubosi dalam upaya pembangunan hotmix jalan yang berkoordinasi dan bekerja sama dengan PT.TPL selaku pemberi dana.

"Untuk itu, hendaknya kita semua bekerja sama dan saling mendukung dalam upaya peningkatan pembangunan kedepannya. Kita layak mengucapkan terima kasih dan dukungan kita kepada PT.TPL dalam upaya perjalanannya sebagai perusahaan penghasil Pulp. Mari kita sampaikan dan sebarkan berita dan informasi yang baik dan benar tentang perusahan itu yang selama ini telah kita nikmati melalui pemberian bantuannya," tandasnya.

Manager Estate Habinsaran Tigor Manalu menyampaikan, Desa Pintubatu sebagai salah satu ring utama jalan penghubung perusahaan dengan kawasan Estate Habinsaran sebagi lokasi HPHTI perusahaan.

"Terkait dengan beberapa permohonan yang di inginkan dan telah diajukan, pihak perusahaan melalui pimpinan dan management perusahaan akan berupaya merealisasikannya sesuai dengan mekanisme management perusahaan," jelasnya.