PALAS - Tugas menjaga lingkungan bersih dan bebas sampah dilakukan Pasukan Kuning Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kabupaten Padanglawas (Palas) yang secara rutin terjun ke sejumlah lokasi rawan tumpukan sampah buangan masyarakat.
Mereka secara aktif tanpa mengenal lelah terus membersihkan onggokan sampah yang dibuang masyarakat di seberang tempat, yang seakan menjadi tempat pembuangan sampah berjalan.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Padanglawas, Abdullah Nasution melalui Kabid Kebersihan dan Limbah B3, Ongku Bosar Daulay mengatakan, momentum peringatan hari lingkungan hidup sedunia, pihaknya melaksanakan kebersihan dengan membersihkan sampah buangan masyarakat di sejumlah titik rawan yang ada tumpukan sampah.

"Kegiatan ini sudah menjadi rutinitas kita, meski tidak pernah mengeluhkan pekerjaan sebagai petugas kebersihan, namun masyarakat juga harus memiliki kepedulian kebersihan lingkungan," harap Kabid Ongku Bosar Daulay, Sabtu (5/6/2021).

Dia mengaku, kesadaran kepedulian lingkungan di masyarakat saat ini masih rendah. Untuk itu, Ongku berharap, setiap orang memiliki tanggung jawab atas sampah sendiri.

“Mau dibilang apa, toh dilarang juga tetap membuang sampah tanpa rasa malu dan sadar," keluh Ongku Bosar Daulay.

Sementara, petugas kebersihan, Salman Sairin dan Daud serta Arifin Daulay mengaku sebagai petugas tidak pernah mengeluhkan tugas pekerjaan membersihkan sampah.

“Walaupun tebersit di hati yang cukup mendalam atas ulah masyarakat, karena kesadaran akan kepedulian lingkungan di masyarakat yang selama ini masih dirasa kurang, kami tetap sabar," ungkap mereka saat membersihkan sampah di jalan lintas menuju kantor DPRD Palas.

Bagaimana tidak, kata mereka, masih saja ditemui beragam sampah di sepanjang pingiran badan jalan menuju kantor DPRD Kabupaten Padanglawas, serta Sekolah Taruna Bangsa Jalan Baginda Soaduon Sibuhuan dan sejumlah lokasi lainnya yang menjadi tempat buangan sampah liar warga.

“Kita melihat masih rendahnya tingkat kesadaran yang timbul dari masyarakat atau diri sendiri, bukan melulu layanan dari pemerintahnya saja, tetapi masyarakat juga harus ikut berperan menjaga kebersihan lingkungan agar tidak kumuh," ungkap mereka sembari mengajak masyarakat ikut menjaga kebersihan lingkungan.