DELISERDANG - Sebanyak 286 Warga Negara Indonesia (WNI) tiba di Sumatra Utara, via Bandar Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deliserdang. Para WNI itu kemudian dibawa untuk dikarantina.

Jumlah para WNI tersebut merupakan kedatangan pada tanggal 19 dan 20 Mei 2021.

Senior Manager (SM) Bandara Kualanamu, Agoes Soepriyanto, melalui Humas Bandara Kualanamu, Ovi, membenarkan kedatangan ratusan WNI tersebut.

"Benar. Para WNI yang datang di terminal Internasional dilakukan pemeriksaan ketat oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Kualanamu," ujar Ovi dihubungi melalui sambungan telepon selulernya, Kamis (20/5/2021).

Ovi menguraikan, kedatangan WNI ini dengan rincian pada Rabu (19/5/201), berjumlah 124 orang.

"Sedangkan hari ini, jumlahnya 158 orang. Seorang merupakan Warga Negara Asing (WNA)," urainya.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Medan Sumatera Utara, Priagung Adhi Bawono menyampaikan, seluruh ratusan WNI yang tiba dari Malaysia, satu persatu diperiksa sesuai protokol kesehatan.

"Kendati sudah memiliki surat kesehatan dari luar negeri, tetap dilakukan pemeriksaan secera selektif. Para WNI dilakukan Test Swab dan PCR. Mengenai hasilnya, menunggu laporan lab yang dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara," urainya.

Priagung menambahkan, seusai pengecekan untuk WNI di area kedatangan International, dilanjutkan ke lokasi karantina telah disiapkan.

"Seluruh penumpang dibawa karantina di dua lokasi. Di antaranya, Gedung LPMP-Medan dan Hotel Grand Darussalam," pungkasnya.