BATANGKUIS – Desa Bintang Meriah bersama dua desa lainnya dari 12 desa di Kecamatan Batangkuis masuk zona hijau atau bebas pandemi Covid-19. Delapan desa lainnya merupakan zona merah sehingga membuat Kecamatan Batangkuis termasuk sebagai kecamatan dalam zona merah pula di Kabupaten Deliserdang.

Bambang Suharto, ketua Satgas Gugus Tugas Covid-19 Desa Bintang Meriah, mengatakan pihaknya selalu melakukan penyemprotan disinfektan sebanyak dua kali dalam sebulan guna mencegah penyebaran pandemi. Karena itu, katanya, Desa Bintang Merah bersama dua desa lainnya masuk zona hijau. Kedua desa lainnya itu adalah Desa Mesjid dan Desa Bakaranbatu.

Dia menambahkan pihaknya juga selalu menerapkan protokol kesehatan (Prokes), selain memperketat pengawsan terhadap pendatang atau pengunjung yang masuk Desa Bintang Meriah.”Pendatang atau pengunjung yang tak dapat menunjukkan surat bebas Covid-19 dilarang masuk kemari,” kata Bambang yang juga kepala Desa Bintang Meriah, Kamis (20/5/2021)

Bambang mengakui ada seorang warganya sempat terkena gejala Covid-19, tetapi setelah melakukan isolasi mandiri dinyatakan negatif. “Kami mengetahuinya negatif setelah yang bersangkutan menunjukkan hasil tes swab antigen dari rumah sakit,” katanya.

Ada pun korban positif akibat Covid-19 di seluruh Kecamatan Batangkuis diketahui mencapai 62 orang sampai kini. Mereka berasal dari seluruh Kecamatan Batangkuis, terutama sembilan desa zona merah di kecamatan itu.*