SIMALUNGUN - Pascabencana banjir dan longsor di kawasan wisata Danau Toba,  Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Kamis (13/5/2021), arus lalu lintas masih terganggu pada Jumat (14/5/2021) pagi. Material longsor berupa batu dan lumpur sebagian masih menutupi jalan kendati mulai dibersihkan. Pantauan iNews, akses kendaraan yang biasa melintas di jalan lintas Sumatra (Jalinsum) setempat masih dialihkan. Petugas mulai membersihkan material longsor berupa batu, kayu dan lumpur. 

Lokasi titik longsor ini tepatnya berjarak 200 meter sebelum pintu masuk Danau Toba. Petugas tampak membuat portal dan mengalihkan kendaraan menuju jalur alternatif.

Selain itu, sejumlah rumah warga yang tergenang lumpur juga mulai dibersihkan. Warga berharap pemerintah segera mengatasi masalah banjir dan longsor yang kerap terjadi dan mengganggu pariwisata di Danau Toba.

"Ini sering terjadi, tapi memang gak pernah membahayakan seperti ini. Soalnya cuaca di sini memang lagi hujan terus," ujar Berliana Saing, warga setempat, Jumat (14/5/2021).