TOBA - Satgas Bank Sumut melaksanakan Swab Antigen sendiri, Rabu (5/5) guna mendukung pemerintah dalam upaya memastikan serta memutus mata rantai penyebaran/penularan wabah pandemi Covid-19.

Dalam swab antigen yang dilaksanakan 7 orang pegawai Bank Sumut dilaporkan terkonfirmasi Covid-19 berdasarkan hasil.

Terkait dengan kejadian ini Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Toba, dr Pontas Batubara ketika dikonfirmasi wartawan, Kamis (6/5) membenarkannya berdasarkan hasil swab antigen yang dilaksanakan Satgas BPDSU sendiri 7 orang pegawai Bank Sumut dilaporkan terkonfirmasi Covid-19.

Dijelaskan dr Pontas membenarkan adanya 7 orang pegawai Bank Sumut Porsea yang terkonfirmasi Covid-19 sesuai hasil swab antigen. Informasi tersebut disampaikan langsung kepala Bank Sumut Porsea kepada Bupati Toba kemarin.

Menyikapi kejadian tersebut pihak Bank BPDSU ranting Porsea melaksanakan penanganan lebih lanjut sesuai prokes Covid-19 oleh pihak Bank Sumut Porsea, imbuh Pontas.

"Masing-masing BUMD itu sudah memiliki Satgas Covid-19, jadi yang melakukan penyemprotan dan penanganan lainnya dilakukan oleh Satgas Bank Sumut itu sendiri. Kita hanya menerima laporan data dari mereka," imbuhnya.

Atas kejadian peristiwa tersebut kantor dan pelayanan publik di Bank Sumut ranting Porsea ditutup dan dihentikan sementara guna menghindari paparan wabah pandemi.

Sesuai data yang dirilis Dinas Kominfo Kabupaten Toba per 5 Mei 2021 untuk jumlah orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Toba berjumlah 80 orang.

Kadis Kominfo Toba, Lalo Simanjuntak menyebutkan data terbaru yang dirilis terakhir Rabu, 5 Mei 2021 belum termasuk didalamnya 7 pegawai Bank Sumut ranting Porsea yang terkonfirmasi positif Covid-19, karena belum dilaporkan.

"Benar kita mendapat kabar ada 7 orang pegawai Bank Sumut terkonfirmasi Covid-19 kemarin, namun hingga siang ini Kamis, 6 Mei 2012 kita belum menerima laporan data tambahan terkonfirmasi Covid-19 dari Dinas Kesehatan. Jadi jumlah yang bisa kita laporkan masih 80 orang saja sesuai data kemarin," pungkas Lalo.