PALAS - Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Mardiyah Pasar Latong, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padanglawas bekerjasama dengan pemerintah desa menggelar perlombaan Musabaqoh Tartil Qur'an tingkat anak dan remaja.

Ketua BKM Masjid Al Mardiyah Pasar Latong, Bidarlis Rangkuti di dampingi Ketua Panitia, Sahrizal Khoirul Muda mengatakan, perlombaan sebagai momentum Ramadhan untuk mencetak generasi Islam yang intelektual dan berakhlakul karimah.

"Perlombaan ini merupakan salah satu lomba keagamaan yang memberi kontribusi untuk peningkatan ketaqwaan dan keimanan generasi muda untuk tidak terjerumus dengan berbagai kenakalan remaja seperti penyalahgunaan narkoba dan lainnya," terang Bidarlis dan Sahrizal, Jumat (30/4/2021).

Lomba MTQ ini diharapkan dapat memberi manfaat untuk pembinaan generasi muda dalam bidang keagamaan dalam mendukung program pemerintah kabupaten Palas mewujudkan daerah yang beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya (Bercahaya).

Ditempat yang sama, Kepala Desa Pasar Latong, Kecamatan Lubuk Barumun, Asri Surya Pagi Hasibuan mengapresiasi perlombaan ini. Dia berharap akan memberi manfaat bagi masyarakat dan desa untuk terus mengembangkan kegiatan bidang keagamaan.

"Jika kegiatan ini dilakukan dengan nawaitu yang baik dan ikhlas, tentu akan memberi manfaat untuk kemajuan desa kita,” ucapnya.

Pemerintah desa berharap agar kegiatan ini terus berkesinambungan ditahun mendatang, sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat desa khususnya generasi muda untuk saling bekerja sama, bergotong royong dan terdorong untuk mempertahankan kegiatan keagamaan sebagai benteng dan pedoman hidup.

Surya menambahkan, tujuan utama dari kegiatan ini untuk membina generasi penerus bangsa agar nantinya memiliki bekal ilmu agama yang kuat sehingga tidak mudah terkontaminasi dengan tindakan tidak terpuji.