ASAHAN - Calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Asahan ada enam 6 orang. Akan tetapi, sudah kelihatan siapa saja diantara enam orang tersebut yang akan maju ke babak berikutnya. Berdasarkan surat yang dikeluarkan Panitia Seleksi (Pansel) Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan bernomor 13-Pansel/IV/2021 terlihat ada tiga orang nilai tertinggi.

Dalam surat tersebut dipaparkan hasil akhir pelaksanaan seleksi terbuka pengisian jabatan pipinan tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan.

Dituliskan, berdasarkan kriteria dan metode penilaian yang meliputi penulisan makalah, asesmen center, wawancara dan penelusuran rekam jejak seleksi terbuka pengisian jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan.

Seperti kata Sutiono, Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Asahan bahwa akan diambil 3 orang peserta dengan nilai tertinggi. Kemudian, dari tiga peserta nantinya akan diajukan ke Bupati Asahan. Selanjutnya menjadi kewenangan Bupati dalam memilih siapa yang akan menjadi Sekda.

Dari hasil seleksi di dalam surat tersebut sudah terpampang nama peserta dan nilainya masing-masing. Berikut nilai para peserta.

1. Drs. Jhon Hardi Nasution, MSi yang saat ini menjabat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Asahan mendapatkan nilai 84,15

2. Drs. H. Witoyo MM yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Asahan mendapatkan nilai 74,66

3. Sofian Manulang, S.Sos yang saat ini menjabat sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Asahan mendapatkan nilai 65,95.

4. Drs. Muhilli Lubis yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluaga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPP) Kabupaten Asahan mendapatkan nilai 76,04.

5. Syamsuddin, SH, MM yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Kabupaten Asahan mendapatkan nilai 78,35

6. H. Rahmad Hidayat Siregar, S.Sos, MSi yang saat ini menjabat sebagai Kadis Kominfo Kabupaten Asahan mendapatkan nilai 65,65.

Dalam hal ini sudah jelas 3 peserta yang akan masuk ke babak selanjutnya. Yaitu Drs. Jhon Hardi Nasution, MSi, Syamsuddin, SH, MM dan Drs. Muhilli Lubis.

Surat tersebut dibenarkan oleh Sutiono. Ia mengatakan, ketiga orang tersebut akan dinilai langsung oleh Bupati Asahan.

"Tiga peserta tersebut diambil dari nilai tertinggi. Kemudian, dari tiga peserta nantinya akan diajukan ke Bupati Asahan. Selanjutnya menjadi kewenangan Bupati dalam memilih siapa yang akan menjadi Sekda," katanya kepada Gosumut.com, Rabu (28/5/2021).

Dalam pemilihan yang dilakukan oleh Bupati, sambungnya, tidak mesti nilai yang tertinggi. Bisa saja, nilai peringkat kedua atau ketiga.

"Pemilihan dari tiga besar menjadi Sekda adalah wewenang dan hak bupati. Tidak mesti nilai tertinggi, bisa saja nilai peringkat kedua atau ketiga," tutupnya.