MEDAN - Kapolda Sumut, Irjen Pol R.Z. Panca Putra Simanjuntak membahas kesiapan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 3 kabupaten dengan Bawaslu RI.

Hal tersebut dibahas saat Kapolda menerima kunjungan audiensi dengan Komisioner Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar di Mapolda Sumut, Kamis (22/4/2021)

Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra menyampaikan bersama Pangdam I/BB telah dilakukan berbagai langkah mulai dari penggalangan, peninjauan dan pergeseran pasukan pengamanan agar pelaksanaan PSU dapat berjalan dengan aman dan sehat.

"Kami turut melakukan pengecekan ke beberapa TPS dan meninjau langsung kesiapan pengamanan di TPS-TPS yang berada di 3 kabupaten tersebut," ucap Irjen Pol Panca.

Sebelumnya, sebanyak dua komisioner Bawaslu RI dipastikan memantau langsung pelaksanaan PSU di tiga kabupaten, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan (Labusel) dan Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Dua komisioner dimaksud masing-masing Mochammad Afifuddin, Divisi Pengawasan & Sosialisasi serta Fritz Edward Siregar, Divisi Hukum Bawaslu RI.

"Pemantauan langsung oleh dua Komisioner Bawaslu RI di tiga kabupaten yang melaksanakan PSU pada 24 April 2021 mendatang sebagai upaya-upaya menyukseskan kerja-kerja pengawasan untuk menegakkan keadilan pemilu," kata Komisioner Bawaslu Provinsi Sumut, Suhadi Sukendar Situmorang, pada hari Kamis, (22/4/2021) kemarin.

Sebagaimana diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) pada hari Senin, (22/3/2021) lalu memutuskan pelaksanaan PSU 16 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Labusel, sembilan TPS Labuhanbatu dan tiga TPS di Kabupaten Madina.