PALAS - Sekda Arpan Nasution mengajak umat muslim untuk memanfaatkan bulan suci Ramadhan sebagai momentum merekatkan tali silaturahmi sesama dan menjaga hubungan ukhuwah Islami.

"Ditengah pandemi Covid 19 saat ini, mari kita disiplin mematuhi protokol kesehatan dalam menjaga penyebaran virus corona disease dengan langkah memakai masker jika beraktivitas di luar rumah," pesan Sekda mengawali sambutan di Safari Ramadhan di Kecamatan Lubuk Barumun, Kamis(22/3/2021) malam.

Kata Sekda, Safari Ramadhan sebagai rutinitas tahunan Pemkab Palas sebagai ajang membangun silaturahmi sekaligus menyerap aspirasi masyarakat untuk prioritas pembangunan.

Ia juga berpesan, bulan Ramadhan bisa menjadi ajang meningkatkan amal ibadah dan introspeksi diri untuk lebih baik kedepan.

Di setiap kunjungan Safari Ramadhan, Pemerintah Kabupaten Palas menyalurkan bantuan kepada anak yatim, imam masjid, guru mengaji dan bilal mayit, yang pada tahun ini telah ditampung di APBD Pemkab Palas.

Selain santunan anak yatim, rangkaian lain berupa bantuan ambal sajadah untuk masjid juga diserahkan secara simbolis oleh Sekda.

"Kiranya ambal sajadah ini yang tujuannya untuk kemaslahatan umat dapat bermanfaat untuk kegiatan ibadah dalam memakmur masjid yang sejalan dengan visi misi Bupati/Wakil Bupati mewujudkan Palas Bercahaya," sebut Arpan.

Harapan semua, sambung dia, bulan suci Ramadhan tahun ini membawa berkah, kebahagian, kedamaian dan kesejahteraan ditengah kehidupan sosial masyarakat.

Sekda juga mengajak umat muslim dan masyarakat untuk selalu menjaga kekondusifan Ramadhan dengan memperbanyak ibadah sebagai kewajiban umat muslim.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Sekda mengimbau, masyarakat untuk sama sama menjaga kesucian ramadhan dengan kegiatan membaca Alquran, melaksanakan sholat tarawih dan berbagi dengan sesama untuk mendapatkan berkah yang berlimpah pahala.

Sebelumnya, Camat Lubuk Barumun, Sulaiman Harahap menyampaikan, Safari Ramadhan ini diharapkan membawa makna untuk peningkatan ketaqwaan sebagai umat muslim yang taat dalam beribadah.

Safari Ramadhan juga diisi dengan rangkaian tausyiah yang disampaikan Almukarrom Ustad H.Ansor Harahap.

Turut serta rombongan Sekda, Kadis PMD Kabupaten Padanglawas Budiman Nasution, Staf Ahli dan sejumlah pimpinan OPD.