MEDAN - Camat Medan Baru, Illyan Chandra Simbolon meresmikan Program Layani Mami (Pelayanan Masyarakat Malam Hari) yang diinisiasi Lurah Babura, A Zukri Al Rasyid, Rabu (21/4/2021) malam.
"Kami atas nama Pemerintah Kecamatan Medan Baru mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini, yang mana ini merupakan salah satu bentuk pelayanan kita kepada masyarakat," ujar Chandra.

Chandra juga menerangkan, dengan adanya inovasi dari Kelurahan Babura mengenai Program 'Layani Mami', masih ada kelurahan lain yang akan dia pastikan berjalan seperti ini. Namun dengan layanan yang lebih luas dan juga bisa setiap hari dilaksanakan.

"Dengan adanya Kelurahan Babura melaksanakan 'Layani Mami' ini, kita wajibkan kelurahan lain membikin minimal satu nantinya di bidang pelayanan publik, minimal 1 per kelurahan," pesannya.

Sementara itu, Lurah Babura, A Zukri Alrasyid menyampaikan, hadirnya program ini sesuai dengan kebutuhan warga. Bahkan, dalam tagline Program Layani Mami ini, Zukri menyatakan, Kelurahan Babura Kecamatan Medan Baru siap memberikan pelayanan terbaik, tepat waktu dan bebas rupiah.

"Kita sadari, bahwa tidak semua warga memiliki waktu luang, karena bekerja. Saat pulang kantor, malah kelurahan sudah tutup. Nah, saat ini kita sudah mulai melaunching program layani mami, layanan untuk malam hari bagi warga kita di Kelurahan babura dan dimulai malam ini," jelas Lurah Babura.

Layanan ini sendiri, imbuh Lurah, untuk sementara dilakukan setiap Rabu dan Kamis dimulai pukul 20.00 - 21.00. "Misalnya kepengurusan surat keterangan, maupun administrasi lainnya yang berkaitan dengan produk kelurahan, itu bisa datang ke kantor kita setiap Rabu dan Kamis pukul 20.00 sampai 21.00," ungkapnya.

Di sisi lain, di hadapan Camat, Lurah menjelaskan, dalam menjaga kekondusifitasan di wilayah kerjanya, Kelurahan Babura juga membuka layanan pengaduan masyarakat dan pengendalian ketenteraman serta ketertiban umum selama 24 jam setiap hari.

"Layanan ini seputar dengan pengaduan seperti sampah yang belum diangkut atau terjadi gangguan di tengah masyarakat. Ini bisa langsung dilaporkan ke kita. Nanti pihak kelurahan bersama Bhabinkamtibmas maupun Babinsa akan turun langsung ke masyarakat," sebutnya.

Untuk itu, Zukri berharap, masyarakat dapat memanfaatkan program ini dengan sebaik mungkin, sehingga visi misi Walikota dan Wakil Walikota Medan, Bobby Nasution - Aulia Rachman dapat terwujud dimulai dari kelurahan.

"Silakan manfaatkan program ini dengan baik," pesannya.

Di tempat yang sama Amerjan Nababan, selaku tokoh masyarakat, mengapresiasi ide cemerlang dari Lurah Babura yang begitu peduli dengan warganya.

"Untuk itu harapan kami, dengan adanya layanan publik di Kelurahan Babura seluruh warga secara khusus kami menyambutnya dengan baik dan positif dan untuk di kemudian hari kiranya segala urusan, baik administrasi oleh warga mudah dijangkau dan terselesaikan," harapnya.