ASAHAN - Bupati Asahan, H. Surya BSc menghimbau masyarakat agar bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban dan kerukunan selama bulan suci Ramadan. Hal tersebut diungkapkannya saat memimpin tim safari Ramadan 1442 H hari ke II di Masjid Nurul Iman, Dusun V, Desa Sipaku Area, Senin malam (19/4/2021).

Selain itu, H. Surya juga meminta masyarakat tidak membunyikan petasan/mercon atau suara-suara yang dapat mengganggu kekhusukan selama beribadah, tidak berkumpul atau berkerumun untuk urusan yang tidak perlu dan tidak melakukan konvoi/pawai serta takbir keliling di jalan-jalan.

"Selanjutnya, dalam melaksanakan sholat Idul Fitri nantinya kami anjurkan untuk dilaksanakan di Mesjid/ Musholla atau disesuaikan dengan situasi dan kondisi dengan selalu mengikuti protokol kesehatan dan juga sesuai anjuran pemerintah untuk tidak mudik lebaran," imbaunya.

H. Surya kembali mengajak masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, dengan selalu menggunakan masker meski saat beribadah sekalipun, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan pakai sabun. Karena Covid-19, wabah yang nyata dan bisa menyerang siapa saja.

"Covid itu nyata, saya himbau bapak ibu untuk selalu menggunakan masker, menghindari kerumunan dan selalu mencuci tangan pakai sabun. Selain itu saya juga menghimbau kepada masyarakat untuk mendukung serta berpartisipasi dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Asahan sebagai salah satu langkah pencegahan penyebaran," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, H Ahmad Qosyim Marpaung MSi selaku penceramah mengajak masyarakat benar-benar memanfaatkan bulan suci Ramadan ini untuk meningkatkan Iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Dia menyebutkan salah satu keistimewaan bulan suci Ramadan adalah setiap amal perbuatan baik yang dikerjakan pasti akan diganjar pahala yang berlipatganda oleh Allah SWT.

"Dibulan Ramadan ini, seluruh amalan dan ibadah yang kita kerjakan akan dilipatgandakan pahalanya. Apalagi di bulan Ramadan ini banyak amal ibadah istimewa seperti sholat Tarawih, zakat fitrah dan sedekah memberi makan orang yang berbuka puasa. Sehingga amal dan ibadah yang kita kerjakan bisa bertambah pahalanya berlipat-lipat," pungkasnya.

Pada kesempatan ini Bupati Asahan juga menyerahkan bantuan kepada BKM Mesjid Nurul Iman berupa speaker fortable dan uang tunai, santunan kepada kaum dhuafa dan anak yatim.