PALAS - Sektor peternakan diharapkan mampu meningkatkan ekonomi kreatif di tengah masyarakat sebagai sumber pendapatan di masa pandemi Covid 19 saat ini. Harapan itu disampaikan Wakil Bupati Padanglawas, H.Ahmad Zarnawi Pasaribu pada pelatihan pemijahan ikan air tawar dan penetasan telur itik dan ayam di lokasi Desa Pasar Ipuh, Kecamatan Ulu Barumun, Jumat (16/4/2021).

Menurut Wabup, satu-satunya pendapatan masyarakat yang mampu bertahan dimasa pandemi Covid 19 adalah bidang peternakan, pertanian dan perkebunan.

"Sektor peternakan dan pertanian jika dikelola dengan baik mampu meningkatkan ekonomi kreatif di tengah masyarakat," ujarnya.

Kata Zarnawi, melalui lini sektor HKTI diharapakan dapat memberi inovasi baru dalam pengembangan kemajuan bidang peternakan ditengah masyarakat.

"Kepada seluruh peserta pelatihan agar lebih serius mengikuti materi pelatihan sehingga dapat diaplikasikan nantinya di desa masing masing," harap Wabup.

Melalui pengembangan sektor peternakan dan pertanian, lanjut Zarnawi, tentu dapat mendorong terciptanya enterpreneur muda dibidang pertanian untuk daerah ini.

Selain itu, tambah dia, peningkatan pendapatan perkapita ekonomi keluarga dan masyarakat akan meningkat, jika pengelolaannya dikerjakan dengan baik.

Usai memberikan sambutan, secara simbolis diakhir kegiatan, Wabup Zarnawi menyerahkan bantuan berupa mesin penetas telur dan terpal orcid kepada kelompok tani di Desa Pasar Ipuh.

Pada kesempatan itu, hadir juga Staf Ahli Irwan Halomoan Hasibuan, Kadis Pemukiman, Perumahan dan Perhubungan Ronny Saiful serta Plt Kadis Peternakan dan Perikanan Agus Salim Hasibuan.