PALAS – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Padanglawas (Palas) menggelar Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW sekaligus penyambutan bulan suci Ramadhan 1442 H.

Kegiatan yang mengusung tema "Melalui peringati Isra Miraj, kita wujudkan generasi yang berakhlakul karimah di masa pandemi" menghadirkan penceramah Al Ustad H Ansor Harahap.

Peringatan Isra Miraj tersebut dilaksanakan di halaman MAN 1 Palas Plus Keterampilan, Sabtu (10/4/2021) dan dihadiri guru -guru madrasah secara terbatas, namun juga diikuti seluruh siswa-siswi.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palas Plus Keterampilan, Hj Mahyarni Junida SPd MA mengatakan melalui momentum peringatan isra mi'raj meningkatkan keimanan dan menekankan kepada para siswa-siswi keutamaan dalam menuntut ilmu untuk menjadi generasi berakhlakul karimah.

Kata Mahyarni, siswa-siswi harus miliki iman dan ilmu, salah satunya dengan cara membaca Alquran dan melaksanakan sholat sebagai kewajiban 5 kali sehari semalam.

Diharapkan, siswa -siswi yang menuntut ilmu di lingkungan MAN 1 Palas Plus Keterampilan, begitu tamat sudah mendapatkan ilmu dan iman sebagai generasi berakhlakul Karimah, harapnya.

Sementara penceramah Al Ustad H Ansor Harahap mengawali tausyiahnya, mengisahkan hikmah Isra Mi'raj tentang perintah sholat 50 kaki sehari semalam yang diterima Nabi Muhammad SAW di tempat yang disebut Sidratul Muntaha.

"Nabi Muhammad SAW, tidak serta merta diterapkan pada ummatnya tetapi terus meminta keringanan sampai kewajiban sholat 5 kali sehari semalam dianggap wajar," kata Ustad Ansor.

Al Ustad meminta, para siswa-siswi yang belajar menuntut ilmu di lingkungan madrasah untuk terus melaksanakan sholat dengan baik dan tepat waktu sebagai kewajiban,"ajaknya.

Pembawa acara kegiatan ini, Ummi Sakinah Nasution SPd sementara pembaca ayat suci Al Qur'an, Ahmad Rifai Hasibuan. Diakhir acara, diwarnai dengan pemberian hadiah para juara lomba bilal tarawih.