JAKARTA - Penjualan koleksi pribadi Action Comics #1 memecahkan rekor harga tertinggi pada pekan ini. Satu dari sedikit koleksi komik yang mengenalkan Superman kepada dunia telah terjual dengan harga amat tinggi. Buku Action Comics #1 terjual US$3,25 juta atau sekitar Rp47,4 miliar (US$1=Rp14,5 ribu) melalui ComicConnect.com, perusahaan lelang pada Selasa (6/4) waktu setempat.

Angka itu mengalahkan rekor yang sebelumnya ditorehkan salinan lainnya pada 2014 dengan harga US$3,2 juta.

"Komik yang diterbitkan pada 1938 itu benar-benar menjadi awal dari genre superhero," kata COO ComicConnect.com Vincent Zurzolo yang menjadi perantara penjualan tersebut seperti dilansir Hollywood Reporter.

Action Comics #1 memberi tahu pembaca tentang asal-usul Superman, caranya datang ke Bumi dari planet lain dan kemudian dikenal dengan Clark Kent.

Pemilik terdahulu yang menjadi penjual Action Comics #1 membeli komik tersebut pada 2018 dengan harga lebih dari US$2 juta.

Vincent Zurzolo mengatakan pada awalnya ratusan ribu eksemplar komik tersebut diterbitkan puluhan tahun lalu.

Namun, harga beli yang tinggi dikarenakan hanya sekitar 100 eksemplar yang masih beredar saat ini dengan kondisi yang berbeda-beda. Action Comics #1 yang baru terjual merupakan salah satu yang paling disimpan dan terawat.

"Tidak ada buku komik yang bisa kalian nilai lebih tinggi lagi selain Action Comics #1," kata Zurzolo.