DOLOK SANGGUL - Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sibolga Deny Fitrianto memastikan dukungan untuk menyukseskan program pemerintah menjaga cadangan pangan dengan program 'food estate' di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara. Hal itu diungkapkannya dalam Dialog Publik "Menakar Keandalan Listrik Food Estate Humbahas" yang digelar di Hotel Martin Anugerah, Dolok Sanggul, Kabupaten Humbahas, Kamis (8/4/2021).

Hadir dalam diskusi tersebut Wakil Bupati Humbahas Oloan P Nababan, Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumban Gaol dan Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Kementerian Pertanian Tommy Nugraha yang mengikuti secara virtual.

"Kami dari UP3 Sibolga sangat mendukung suksesnya Humbahas menjadi lumbung pangan yang merupakan program nasional," kata Deny Fitrianto.

Deny menyatakan, dukungan itu direalisasikan dengan keandalan listrik di lahan food estate yang berada di Desa Ria-ria, Kecamatan Pollung, Humbahas. Apalagi saat ini kondisi kelistrikan di Humbahas sangat mumpuni untuk mendukung seluruh kegiatan yang berkaitan dengan kebutuhan listrik masyarakat.

Dijelaskan Deny, dari 59,5 MW ketersediaan daya yang ada saat ini, total yang sudah terserap kepada masyarakat masih sekitar 16 MW. Dari jumlah tersebut penyerapan terbesar didominasi oleh tarif rumah tangga.

"Untuk tarif industri serapannya masih rendah yakni sekitar tiga persen. Dan kita berharap ini kedepan serapan untuk tarif rumah tangga maupun industri terus bertambah," ujarnya.

Dengan kondisi kelistrikan dari jumlah daya ini, membuat PLN yakin Humbahas tidak akan mengalami pemadaman listrik. Kecuali karena faktor alam seperti pohon tumbang atau hal lainnya.

Sebab, layanan jaringan listrik ini didukung dua gardu induk yang dapat menyalurkan tegangan secara bergantian. "Konektifitas dua gardu ini menjadi jaminan tidak adanya pemadaman listrik. Sebab jika ada kendala dari satu gardu, maka penyaluran listrik dapat dilakukan dari gardu lainnya," tandas Deny.

Sementara itu, Wakil Bupati Humbahas Oloan P Nababan mengapreasiasi kehandalan listrik yang ada saat ini di lahan food estate. Ia berharap berbagai program PLN dalam rangka membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian di kabupaten mereka terus dilakukan.

Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) katanya, mendukung PLN dalam memberikan layanan paripurna kepada masyarakat.

"Suksesnya food estate ini tergantung koordinasi semua pihak. Kami harap PLN dapat memberikan kontribusi maksimal," ujarnya.

"Dan saya meminta kepada kita semua masyarakat. Ketika masyarakat tidak melarang pihak PLN untuk menebang pohon yang berdekatan dengan kabel jaringan, itu saja sudah menjadi bentuk dukungan kepada PLN. Saya mengajak kita semua untuk mendukung program PLN karena itu juga untuk kemajuan kita," timpalnya.

Pemerintah Kabupaten Humbahas menurut Oloan saat ini terus melakukan sosialisasi mengenai manfaat dari food estate untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dalam hal ini mereka juga membuka diri untuk berbagai masukan dari seluruh elemen masyarakat agar program tersebut benar-benar menyasar pada kesejahteraan masyarakat.

"Maka diskusi seperti ini sangat saya dukung. Kami berharap ada masukan bermanfaat bagi food estate di Humbahas," pungkasnya.