PADANGSIDIMPUAN - Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Priharitini SIK MH didampingi Danyon 123 letkol inf Goklas P Silaban dan Kabag Ops Kompol Akhmad Fauzi KS melaksanakan pemantauan langsung proses pengamanan ibadah Paskah Jumat Agung di beberapa Gereja yang berada di Kota Padangsidimpuan, Jumat (2/4/2021).


Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Priharitini menyebutkan, pengecekan perlu dilakukan untuk memastikan bahwa pelaksanaan pengamanan oleh personel berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang sudah direncanakan.

"Personel TNI-Polri yang telah tugaskan di lokasi Gereja saat ini sedang melaksanakan penjagaan ketat di tempat ibadah umat Nasrani yang sedang melaksanakan ibadah Misa memperingati wafatnya Isa Al-Masih di seluruh Gereja di wilayah kota Padangsidimpuan", ungkapnya.

Kapolres menjelaskan kegiatan pengamanan tersebut merupakan salah satu bentuk Presisi Polri yang bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi umat Nasrani yang sedang menjalankan ibadah maupun warga masyarakat lain dari gangguan kamtibmas.

"Pengamanan ini bertujuan agar seluruh masyarakat merasa aman dan nyaman dalam melaksanakan ibadah maupun aktivitas lainya," ucap AKBP Juliani.

AKBP Juliani mengungkapkan, dalam pelaksanaan pengaman selain fokus pada sektor keamanan pihaknya berkoordinasi dengan panitia ibadah agar tetap mematuhi protokol kesehatan ditengah masa pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih belum berakhir.

"Fokus kita selain faktor keamanan dalam pelaksanaan ibadah Jumat Agung, kami juga melakukan himbauan dalam pencegahan penularan Covid-19," terangnya.

Selanjutnya, AKBP Juliani juga menyampaikan, selain menempatkan personel dilokasi tempat ibadah, pihaknya juga menerjunkan tim patroli, untuk melakukan patroli secara mobile dengan menggunakan kendaraan dinas roda dua dan roda empat, ketempat tempat keramaian dan lokasi lain yang dianggap rawan terjadinya tindak kriminalitas.

"Semua yang kita lakukan ini bertujuan menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif diseluruh wilayah di kota Padangsidimpuan," pungkasnya.