JAKARTA - Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut sebanyak 13 proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) siap dilelang tahun ini.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR, Eko Djoeli Heripoerwanto mengatakan proyek yang siap dilelang itu terdiri dari 12 jalan dan jembatan, serta 1 perumahan. Nilai investasi sekitar Rp 168,84 triliun.

"Proyek KPBU yang ready to offer di tahun 2021 yang sudah masuk daftar rencana KPBU ada 12 terkait dengan jalan dan jembatan. Dan satu dari sektor perumahan ada proyek rumah susun Cisaranten Bina Harapan," ucap Eko dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR RI, Rabu (31/3/2021).

Berikut daftar proyek yang siap dilelang tahun ini:

1. Jalan Tol Kamal - Teluknaga - Rajeg
2. Jembatan Batam- Bintan
3. Tol Mamminasata
4. Tol Sentul Selatan - Karawang Barat
5. Tol Bogor - Serpong via Parung
6. Tol Gilimanuk - Mengwi (PQ), penggantian dan/atau duplikasi Jembatan Calendar Hamilton (CH) di Pulau Jawa (PQ)

7. Tol Akses Patimban
8. Tol Semanan - Balaraja
9. Tol Semarang Harbour/Semarang Kendal
10. Tol Cikunir - Karawaci Elevated
11. Tol JORR Elevated Ruas Cikunir - Ulujami
12. Rusun Cisaranten, Bina Harapan
13. Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ir. H. Djuanda

Selain itu, terdapat 13 proyek lagi yang sedang diusulkan untuk KPBU. Proyek-proyek tersebut di antaranya Jalan Tol Cilacap - Yogyakarta, Tol Demak - Tuban, Tol Jember Lumajang, Tol Ngawi - Bojonegoro - Babat, Tol Jember - Situbondo, Tol Tulungagung - Kepanjen, dan Jembatan Muna - Buton.

Sementara, proyek KPBU yang masih dalam tahap penyiapan Tahun Anggaran (TA) 2021 atau kelayakan studi (Feasibility studies) terbagi menjadi dua. Pertama, terkait Kajian Awal Prastudi Kelayakan atau Outline Business Case (OBC) terdapat lima proyek ruas jalan dan jembatan, dua proyek sumber daya air (SDA), enam proyek perumahan dan lima proyek permukiman.

Kelima proyek ruas jalan dan jembatan tersebut Jalan Bebas Hambatan Non Tol Lingkar Luar IKN, KM 13 Outer Ringroad IKN, Jalan Akses Exit Toll, Tol Lingkar Selatan Bandung, dan Tol Pejagan - Cilacap. Kemudian dua proyek SDA yaitu Bendungan Wairoro dan Sistem Pengairan Air Baku (SPAB) Sindang Heula.

Untuk Final Business Case (FBC) atau kajian yang bersifat final, di sektor jalan dan jembatan terdapat 11 proyek ruas, tiga proyek dari sektor SDA, lima proyek dari sektor perumahan, dan tiga proyek dari sektor permukiman.

"Jadi di FBC ini kalau timeline-nya tepat waktu, maka di kuartal III-2021, insyallah nanti di kuartal IV atau paling lambat di awal 2024 sudah bisa ditawarkan dalam bentuk lelang," tutur Eko.

Dengan demikian, status proyek KPBU mulai dari usulan, penyiapan hingga transaksi tercatat 145 proyek dengan total nilai investasi Rp 1.300.66 triliun. 145 proyek tersebut terdiri dari kategori KPBU 63 proyek, kategori penyiapan 58 proyek, dan kategori transaksi 24 proyek.