ASAHAN - Meskipun bakso sebenarnya berasal dari Tiongkok, namun kini makanan berbentuk bulat ini seolah menjadi ciri khas kuliner Indonesia.


Sebab menu yang satu ini, sangat mudah dijumpai di seluruh penjuru pelosok negeri. Pedagang memasarkannya mulai dari gerobak sampai di tempat-tempat berkelas. Bahkan, bakso ini menjadi salah satu menu favorit.

Namun ada yang berbeda di pelosok Kabupaten Asahan tepatnya di Desa Urung Pane, Kecamatan Prapat Janji yang viral bakso tumis yang dikelola Yuslinawati. Bakso yang disajikan dan mampu memanjakan lidah para pengunjungnya hingga membuat bakso tersebut viral di Kabupaten Asahan

Menu bakso tersebut diisi dengan kuah yang kental dilengkapi dengan suwiran ayam, kacang, potongan daging dan jeroan ayam dan dibandrol Rp 15.000 per porsi.

Bakso hasil racikan Yuslinawati ini, dalam tiga jam saja mampu menghabiskan sebanyak 300 porsi.

"Dalam sehari hanya buka selama tiga jam saja, mulai pukul 16.00 Wib sampai pukul 19.00 Wib. Sebanyak 300 porsi habis semua," kata Yuslinawati.

Sebenarnya sebut Yuslinawati dia sudah menjual bakso tumis tersebut sejak setahun yang lalu. Namun baru satu bulan terakhir viral di media sosial hingga mengundang banyak pengunjung bahkan dari luar kota.

Awalnya ia membuat bakso tumis karena salah satu pelanggannya meminta buatkan bakso tumis. "Saya jualan sudah lima tahun. Tapi dulu nggak ada bakso tumis. Awal adanya bakso tumis karena ada pembeli yang tanya bisa buat bakso tumis apa tidak. Saya langsung jawab bisa walaupun belum pernah membuatnya," katanya.

Setelah dibuat bakso tumis, pelanggan tersebut langsung berkomentar enak dan meng-uploadnya ke media sosial hingga viral.

Setelah viral, sebulan terakhir ini warung Yuslinawati selalu ramai dikunjungi pembeli dari berbagai tempat bahkan ada juga pembeli yang datang dari Kota Medan dan Riau.

Agar pelanggan tidak kecewa dan tetap ramai, Yuslinawati mengaku tetap mengerjakan bakso tumis dari tangannya sendiri dan tetap menjaga citra rasa yang dikandung bakso tumis.

"Rasanya harus tetap saya jaga, biar pelanggan gak kecewa dengan bakso tumis ini," tuturnya.

Sementara, salah satu pelanggannya saat ada di warung Yuslinawati mengaku sangat puas dengan bakso tumis buatan Yuslinawati.

"Enak bang, kuahnya kental memerah. Aromanya seger, rasanya gurih pedas. Pokoknya dijamin puaslah," katanya.