ASAHAN - Jika ada kemauan, pasti ada jalan. Pepatah itu dapat mewakili apa yang telah dicapai oleh salah seorang tukang las yang hanya lulusan Sekolah Dasar (SD) asal Kisaran, Kabupaten Asahan.
Meski hanya tamatan SD, namun Irwan Piliang (56), mampu merakit helikopter yang sedang dia kerjakan. Bahkan, dia meyakini, helikopter ciptaannya itu bisa terbang.

Pria paruh baya itu mengaku, desain helikopter sudah dibuatnya sejak 2 tahun lalu.

Seluruh bodi dan rangka helikopter rakitan milik Irwan, dibuatnya dari bahan besi bekas. Irwan merelakan sepeda motor matic 125 cc miliknya satu-satunya CC dipindahkan untuk mesin helikopter.

Untuk bentuk helikopter yang dirancang Irwan, memang tak seperti kebanyakan. Ia menaksir bobot helikopternya hanya sekitar 70 kg, dengan panjang 3 meter dan tinggi 2 meter. Soal bentuk, Irwan mengaku merancang sendiri dengan kemampuannya.

“Dari saya masih lajang, saya sudah punya cita-cita membuat helikopter. Dari dua tahun yang lalu, sudah saya rancang desainnya. Tapi sekitar satu bulan terakhir ini baru saya kerjakan," jelas Irwan.

Pria yang berprofesi sebagai tukang las selama 15 tahun itu menjelaskan, selama pembuatan helikopter, diia masih menghabiskan uang sebanyak 7 juta rupiah.

“Kalau ini saya baru habis tujuh juta. Saya sudah lihat–lihat videonya di youtube belajar juga dari situ, mudah-mudahan waktu uji coba nanti bisa terbang,” ujarnya.

Beberapa tahun lalu, Irwan juga sempat membuat gantole bermesin. Tapi gagal saat proses pembuatan karena tidak ada landasan pacu terbang.

Dalam proses pengerjaan, Irwan dibantu oleh satu temannya. Saat pembuatan berjalan, orang yang melihat selalu berpendapat bahwa Irwan kerja gila.

“Kebanyakan orang bilang ini saya kerja gila mau buat helikopter, karena memang jarang dipikirkan orang,” kata dia sembari menjelaskan karyanya ini belum pernah dikonsultasikan dengan ahli penerbangan.

Irwan merencanakan, dalam seminggu kedepan ini dia akan menguji coba karnyanya tersebut. “Seminggu ini saya mau uji cobakan, saya yakin ini bisa terbang,” pungkasnya dengan semangat.