PALAS - Personel Polres Padanglawas dengan sigap turun ke lokasi banjir guna membantu evakuasi warga ke lokasi yang aman untuk menghindari dari banjir setinggi 80 cm tersebut di Kecamatan Barumun Baru, Kabupaten Padanglawas. Banjir yang melanda enam desa yaitu Desa Binabo Jae, Desa Siolip, Desa Sabarimba, Desa Hasahatan Julu, Desa Sigorbus Julu, dan Desa Sigorbus Jae, terjadi pada Sabtu (27/3/2021) sekitar pukul 04.30.

Pantauan di lapangan, personel Polres Palas langsung terjun ke lokasi untuk memberi bantuan mengevakuasi warga korban banjir ke tempat yang lebih aman, baik pria, wanita utamanya kepada para anak-anak.

Kapolres Palas, AKBP Jarot Yusviq Andito, melalui Kasat Sabhara, AKP. Muhammad Husni Yusuf, mengatakan pihaknya terus berupaya membantu warga yang terdampak banjir, terutama warga yang terjebak di lokasi banjir.

Selain itu, pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait dan masyarakat yang terdampak banjir untuk memberikan bantuan korban banjir di enam desa tersebut.

"Semua personel Polres Palas turut prihatin atas kejadian ini, para korban banjir diberi semangat untuk tetap kuat dan sabar," ujar yusuf.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Siolip, Kholid Nasution mengatakan, banjir ini terjadi sekira pukul 04.30 akibat meluapnya Sungai Barumun karena faktor intensitas hujan yang cukup tinggi saat ini.

Disebut Kholid, meluapnya Sungai Barumun itu mengakibatkan terendamnya pemukiman warga Desa Siolip sebanyak 70 persen, dengan rata-rata air setinggi lutut orang dewasa.

"Alhamdulillah, situasi banjir saat ini sudah mulai surut, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir tersebut dan berkat bantuan dari semua pihak dapat teratasi dengan baik," katanya.

Kholid menceritakan, setiap musim hujan masyarakatnya selalu merasa was-was dan khawatir terhadap luapan air sungai barumun. Pasalnya, pemukiman warga sebagian berada di dekat Daerah Aliran Sungai (DAS) Barumun yang hanya berjarak lebih kurang lebih 50 meter.

"Pemerintah desa dan masyarakat Siolip, berharap kepada pemerintah mengeruk dan melancarkan DAS sekaligus membuat dek penaham banjir, untuk mengatisipasi terjangan air Sungai Barumun ke desa," harap Kholid.

Kepala Desa Siolip mengucapkan terima kasih kepada Polres Palas dan Pemda serta semua elemen peduli bencana yang telah memberikan bantuan kepada warga desanya.