MEDAN - Sekolah Menegah Atas Negeri (SMAN) Medan sudah merampungkan persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah yang akan digelar 29 Maret hingga 6 April 2021. Sebanyak 405 siswa kelas XII akan mengikuti ujian yang digelar secara daring.

"Ya, semua persiapan sudah rampung untuk pelaksanaan Ujian Sekolah bagi siswa kelas XII yang akan menyelesaikan masa pendidikannya tahun 2021 ini.Tanpa Ujian Sekolah mereka tidak memenuhi kreteria kelulusan," kata Kepala Sekolah SMAN 13 Medan, Drs Muklis, Jumat (26/3/2021).

Muklis menyebutkan, rampungnya persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah termasuk naskah soal yang disiapkan guru masing-masing mata pelajaran sudah dimasukkan dalam sistem ujian. Siswa yang akan ujian sudah mengambil nomor ujian.

"Mengapa ujian daring tetap mengambil nomor ujian? Sebab, pihak sekolah harus memastikan bahwa siswa paham dan mengerti tentang aturan dan sistem ujian.

Sehingga mereka bisa ikut sesuai dengan proses yang dilaksanakan. Pengalaman sebelumnya, pelaksanaan ujian daring dengan pemberitahuan lewat WhatsApp grup kelas, ternyata ada siswa yang tidak ujian karena tidak paham pelaksanaan," ujar Muklis.

Maka, sambung dia, dengan menerima kartu ujian dilengkapi dengan identitas diri termasuk poto dan keterangan cara mengikuti ujian, akan mempermudah siswa ujian.

"Jika siswa tidak hadir mengambil kartu ujian, maka guru akan langsung datang ke rumah siswa untuk memastikan apa penyebab siswa tidak mengambil kartu ujian," ujannya.
Hal lain disebutkannya, saat ujian berlangsung, guru juga memberi pengawasan khusus.

"Panitia ujian tetap memastikan siswa sebagai peserta ujian untuk mengisi absensi. Jika pelaksanaan ujian sudah 15 menit, tetapi siswa belum masuk dalam sistem, maka guru akan mengunjungi siswa kerumahnya. Begitu besar perhatian kami pada siswa, bahkan dalam pembuatan kartu ujian dilengkapi dengan poto serta ijazah siswa yang lulus, foto disiapkan gratis," pungkasnya.