ASAHAN - Dalam bekerja dan memenuhi tugas jurnalistik, pastinya wartawan banyak menemui banyak orang. Tentu, wartawan sangat riskan dengan jangkitan Covid19. Dari itu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Asahan mengikuti program vaksinasi Covid19.

Vaksin ini dilakukan di Puskesmas Gambir Baru, Kabupaten Asahan yang digelar selama dua hari dari Kamis (25/3/2021) sampai Jumat (26/3/2021).

Ketua PWI Asahan, Indra Sikoembang mengucapkan terima kasih kepada Pemkab dan Dinas Kesehatan yang telah menyediakan untuk wartawan, ini tentunya langkah yang sangat baik dalam menjaga kesehatan bagi wartawan dalam mengemban tugas jurnalistik, dan menekan penyebaran Covid-19.

"Anggota PWI berjumlah 24 orang, dan vaksinasi dilakukan dengan bertahap, karena ada sebagian anggota yang belum mendapat vaksin karena menjalankan tugas jurnalistik dan dalam waktu dekat akan divaksin," jelas Indra.

Indra mengatakan, semua anggota PWI Asahan disarankan ikut vaksinasi, karena sebagai alat pelindung bagi wartawan agar terhindar dari Covid-19, karena tugas jurnalistik mewajibkan wartawan bertemu banyak orang.

"Saat ini kita baru divaksin pertama, dan untuk tahap kedua menunggu 14 hari kedepan. Insya Allah vaksin ini aman, karena sejauh ini kita lihat dilapangan vaksinasi di Asahan belum ada keluhan," jelas Indra.

Sebelumnya Kadis Kesehatan Kab Asahan dr.Elfina br Tarigan, menuturkan bahwa untuk vaksinasi gratis dari pemerintah pusat, untuk tahap awal untuk Nakes sebanyak 4.440 untuk 2.220 orang yang diterima pada 3 Februari 2021, kemudian tahap dua 4.000 vaksin (400 vial) untuk 2.000 orang diperuntukan untuk TNI, Polri, petugas pelayanan publik. pemberian dan termasuk wartawan.

Elfina menjelaskan, vaksin tahap pertama berjalan dengan lancar, yang disuntikkan di 32 fasilitas kesehatan (29 Puskemas, Poliklinik Polres Asahan, Poliklinik Rumkit, RS PTPN III Seidadap). Tahap dua kini berjalan, untuk pelayanan publik dan wartawan dipusatkan di tiga Puskesmas (Puskesmas Sidodadi, Gambir Baru, Mutiara), dan untuk TNI dan Polri, di Poliklinik Polres Asahan dan Poliklinik Rumkitsecara umum tidak ada keluhan hingga dibawa ke RS.

"Secara umum penyuntikan untuk tahap pertama dan dua di Asahan berjalan dengan aman," jelas Elfina.