JAKARTA - Jemaah menyalati jenazah Alhabibul Mahbub Musthofa bin Jafar Assegaf di Masjid Nurul Musthofa Center, Cilodong, Depok. Jemaah yang datang membeludak hingga ke luar masjid. Pantauan detikcom di lokasi pada pukul 12.00 WIB, Senin (15/3/2021), jenazah dibawa ke dalam Masjid Nurul Musthofa Center untuk disalati. Area di dalam masjid penuh oleh jemaah.

Jemaah yang tak bisa masuk ke masjid ditempatkan di luar. Panitia menyediakan karpet dan terpal sebagai alas bagi jemaah yang tak bisa masuk ke masjid.

Tampak pula Kabagops Polres Metro Depok AKBP Sujarwoto mengarahkan jemaah yang baru datang agar duduk di terpal tersebut. Sesekali Sujarwoto terlihat berkoordinasi dengan pihak panitia untuk mengatur para jemaah.

Usai disalati, jenazah akan dikuburkan di area pemakaman. Lokasi pemakamannya masih berada di kawasan Masjid Nurul Musthofa.

Sebelumnya, polisi telah berkoordinasi dengan pihak keluarga terkait prosesi pemakaman Habib Musthofa. Hanya keluarga inti yang diperbolehkan berada di area pemakaman.

"Tadi malam sudah kami laksanakan koordinasi, mungkin hanya keluarga yang inti saja," ujar Kapolres Depok, Kombes Imran Edwin Siregar, saat ditemui detikcom di Masjid Nurul Musthofa Center, Cilodong, Depok, Jawa Barat, Senin (15/3/2021).

Di samping itu, kata Imran, lokasi pemakaman tak begitu luas. Jadi, dia mengimbau jemaah yang hadir cukup mendoakan dari luar area pemakaman.

"Karena juga kalau di makam kalau kita lihat kan itu kecil. Jemaah biar berdoa saja di luar. Itu sudah kita sampaikan," ucapnya.

Dia mengatakan kepolisian akan menerapkan protokol kesehatan. Polisi juga menyediakan masker bagi pelayat yang hadir tapi lupa membawanya.

"Ini kan masa pandemi, jadi untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan kita tetap melaksanakan prokes, kita membantu membagikan beberapa masker, mungkin ada pelayat yang lupa menggunakan masker, kita tetap berikan," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 0508/Depok, Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj mengatakan ada ratusan personel yang diturunkan dalam prosesi pemakaman Habib Musthofa. "Totalnya sekitar 120 ya. ya, TNI-Polri yang turun hari ini," tutur Isrok.