MEDAN - Keluarga Besar Mitra Lanud Soewondo bersama DPP SOLITD(Solidaritas Indonesia Tionghoa Demokrasi) dan Total Charity, berkolaborasi melaksanakan bantuan kemanusiaan makanan sehat dan halal seharga 1.000 rupiah. Aksi sosial sekaligus beramal ini dilaksanakan pada Minggu (14/3/2021) siang tadi di wilayah Kelurahan Medan Timur tepatnya di Jalan Gaharu dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan.

Sebelum pembagian, warga yang mengantri diwajibkan memakai masker dan menyemprotkan hand sanitizer yang telah disiapkan panitia.

Pembagian yang direncanakan dimulai pukul 11.30, terpaksa dipercepat karena warga sudah banyak mengantri untuk membeli nasi seharga Rp1.000 dari 250 paket nasi yang disediakan.

Tak membutuhkan waktu lama, hanya sekitar setengah jam sebanyak 250 paket nasi sudah ludes terjual.

"Kami Solidaritas Indonesia Tionghoa Demokrasi (SOLITD) bersama Mitra Lanud dan Total Charity, mengadakan bantuan kemanusiaan dengan kondisi pandemi Covid 19 dan krisis ekonomi, kami memberikan bantuan kemanusiaan berupa makanan dengan harga 1000 rupiah dan uang itu nanti akan kami sumbangkan untuk ke rumah rumah ibadah," ujar Ketua Umum DPP SOLITD, Drs Herri Zulkarnaen Hutajulu SH MSi di sela sela pembagian paket nasi.

Menurut dia, kegiatan ini akan dilakukan di seluruh Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang.

"Harapan kami dapat meningkatkan kepedulian dan empati dari masyarakat yang mampu untuk dapat membantu dengan kondisi saat ini. Harapn kita, pandemi Covid 19 di Indonesia, Sumatera Utara, Kota Medan, cepatlah berlalu, sehingga ekonomi stabil kembali," tutupnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Mitra Lanud, Ferdinan Ghodang SE SH MH menimpali, aksi kemanusiaan ini akan dilakukan secara berkesinambungan dengan menyasar kantong kantong warga yang kurang mampu.

Ini adalah wujud kolaborasi Mitra Lanud bersama DPP SOLITD dan Total Charity di tengah tengah wabah pandemi Covid 19.

"Kemungkinan untuk minggu depan akan kita laksanakan di wilayah Medan Utara. Ini juga berkat dukungan dari Komandan Lanud Soewondo Kolonel PNB JH Ginting. Kebetulan beliau belum bisa ikut bergabung dengan kita hari ini. Tapi pastinya, beliau sangat munsupport dan mengapresiasi," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Total Charity Medan, Tingliang penjualan nasi kotak seharga Rp1.000 per paket ini menyasar masyarakat kurang mampu.

"Ke depan tetap kita lanjutkan, bukan hanya pandemi ini saja dan kita coba semampu kita untuk membantu meringankan beban masyarakat," tuturnya.

Tingliang juga berharap, aksi kemanusiaan yang mereka lakukan ini dapat menggerakkan warga lainnya untuk ikut andil dalam berbuat kebaikan.

"Harapan kita bisa sedikit meringankan masyarakat dan dijadikan motivasi lah buat teman-teman yang lain untuk mengadakan kegiatan seperti ini," tandasnya.

Pada aksi kemanusiaan ini, hadir juga Penasehat DPP DR. Soeherman Gatot SH MBA dan Wong Kim Po, Bendum DPP SOLITD Angel, Korwil DPP Ferri SE, Wakil Ketua Mitra Lanud Thamrin, Ketua Panitia Tjuihok, Ketua SOLITD Sumut Riana, Ketua SOLITD Medan Agus Salim bersama jajaran pengurus lainnya.