TEBINGTINGGI - Pabrik pengolahan serbuk kayu di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Desa Paya Pasir, Kecamatan Tebingtinggi Syahbandar, Serdangbedagai terbakar, Rabu (10/3/2021). Kejadian ini membuat warga yang tinggal di kawasan pabrik milik PT Berkah Agung Semesta tersebut panik. Kapolres Tebingtinggi, AKBP Agus Sugiyarso menduga, api membakar serbuk kayu sebelum menyebabkan pabrik pengolahan kayu (wood paleet) terbakar pada Rabu (10/3/2021) siang kemarin.

"Asal usul api diduga dari mesin yang membakar tumpukan serbuk kayu, namun pastinya petugas kepolisian masih terus menyelidiki," sebut Agus, Kamis (11/3/2021).

Pihaknya memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran yang menimpa PT Berkah Agung Semesta Jaya di kawasan Jalan Soekarno Hatta Dusun III, Kabupaten Sergai.

Informasi diperoleh, maraknya api hingga ke atap menimbulkan asap tebal. Kondisi itu meluhlantakkaan atap bangunan dan beberapa bagian pabrik lainnya hampir 40 persen.

APAR

Dugaan itu kebakaran yang disampaikan Kapolres tidak dibantah oleh Kasi Penanggulangan dan Penyelamatan Kebakaran Tebingtinggi, Muhammad Hersan Koto.

Kabut tebal, dikatakan Hersan, menghalangi upaya pemadaman sekitar 20 petugas termasuk personil BPPD untuk masuk ke dalam pabrik.

Namun pemadaman tetap dilakukan. Pengerahan 5 unit damkar dibantu 3 unit armada milik Kabupaten Sergai dan pegawai pabrik akhirnya mampu menjinakkan api setelah 3 jam kebakaran.

"40 orang ikut membantu kita, ada sekitar 20 buah Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yamg mereka gunakan sebelum kita tiba, itu turut membantu," ungkap Hersan.

Namun penyebab pasti kebakaran pabrik itu, pihaknya masih menunggu penyelidikan yang dilakukan pihak Kepolisian.

"Masih diselidiki penyebab pastinya," ucap Hersan.