TAPUT - Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan diwakili Sekdakab Taput Indra Simaremare, menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Siatas Barita Tahun Anggaran 2022 yang berlangsung di Aula SMKN 1 Siatas Barita, Kamis (4/3/2021). Dalam Musrenbang tersebut, Sekdakab Tapanuli Utara menegaskan, pentingnya sinergitas antara lembaga demi terwujudnya pembangunan.

"Sangat penting juga dicermati atas pembagian tugas dan wewenang antara pemkab dengan pemerintah desa, sehingga percepatan pencapaian visi dan misi kabupaten dapat tercapai," pesan Sekda.

Sekdakab menambahkan, konsistensi kepala desa juga sangat diperlukan dalam mengusulkan kegiatan yang paling prioritas, sehingga program tersebut dapat terealisasi lebih cepat.

“Kita juga harus memaklumi atas keterbatasan kemampuan APBD kita, karena dilakukannya refocusing terutama dalam hal penanganan covid-19 termasuk pelaksanaan vaksinasi," tambahnya.

Dia juga berharap, arah kebijakan APBDes mampu mendukung penanganan dan pencegahan stunting, mendukung pembuatan data presisi desa, mendukung pembangunan akses antar desa/wilayah.

"Serta mendukung program peningkatan usaha kecil mikro melalui pelatihan para pelaku UKM dan program pemberdayaan masyarakat," jelas Sekda.