LABUHANBATU - Kagatur Satuan Lalulintas Pos Aek Nabara Aiptu Marlis mengerahkan beberapa personelnya untuk membantu masyarakat memadamkan api yang menghanguskan 3 unit rumah semi permanen di Desa Perbaungan, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Senin (1/3/2021) pagi tadi. Saat tiba di TKP, Kagatur Aiptu Marlis Caniago bersama personel Satlantas langsung membuka baju dinasnya dan berlari menuju lokasi kebakaran untuk ikut berjibaku membantu masyarakat memadamkan api yang kian membesar.

Setelah api berhasil dijinakkan, Aiptu Marlis Caniago menyampaikan kepada wartawan, mendengar ada kebakaran dirinya secara spontan langsung mengajak personel Satlantas untuk menuju lokasi kebakaran dengan membawa alat seadannya.

"Sampai di sini tadi, saya dan anggota langsung buka baju dinas dan langsung mencari ember dan gayung untuk memadamkan api yang semakin membesar," jelas Aiptu Marlis.

Selain aparat kepolisian, masyarakat yang ada di sekitar kejadianpun langsung datang berhamburan dan berusaha untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya seperti ember dan timba.

Salah satu masyarakat menyampaikan bahwa saat api mulai membesar, Kagatur Satlantas Aek Nabara bersama anggotanya datang berlari dan langsung membuka pakaian dinas mereka dan mengangkat air dengan ember untuk memadamkan kobaran api.

Menurut saksi mata, kebakaran ini berawal dari rumah Dahrin Rambe (51) dan karena bangunan terbuat dari papan, api dengan cepat bergerak ke rumah Munawar Rambe (47) dan Jalal (45).

Dalam sekejap ketiga rumah ini tidak dapat diselamatkan dari kobaran api yang begitu besar. Bahkan kerugian ketiganya ditaksir sebesar Rp 300 juta.

Sampai berita ini diturunkan, polisi masih melakukan lidik penyebab terjadinya kebakaran ini.

Sementara itu, mendengar warganya ada yang mengalami musibah kebakaran Kepala Desa Perbaungan Ruli Alfan Hasibuan juga ikut bersama masyarakat untuk memadamkan api dengan menggunakan timba dan peralatan seadanya.

Melihat kejadian tersebut, Kepala Desa Perbaungan berharap, agar Pemerintahan Kabupaten dapat menempatkan satu unit mobil padam kebakaran di Aek Nabara. "Mengingat pemukiman yang ada di Aek Nabara sangat rawan dengan kebakaran karena masih banyak rumah penduduk yang terbuat dari papan," jelasnya.

Kades juga mengajakm seluruh Kepala Dusun Desa Perbaungan agar bersama - sama memohonkan mobil pemadam kebakaran kepada Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu. "Hal ini kita lakukan untuk dapat dengan cepat melakukan pemadaman apabila terjadi kebakaran seperti ini," jelas Ruli Arpan Hasibuan.

Menurut masyarakat yang ada di lokasi kebakaran, bahwa pemadam kebakaran tiba dari Rantauprapat setelah api habis melahap tiga rumah dan api berhasil dipadamkan masyarakat.

Masyarakat juga berharap agar pemerintahan kabupaten dapat menempatkan satu unit pemadam kebakaran di Camat Bilah Hulu.