TOBA - Pisah sambut Kepala Kejaksaan Negeri Toba dari Pejabat lama DR Robinson Sitorus SH MH, kepada Baringin Pasaribu, SH,MH digelar di pendopo rumah Dinas Bupati Toba Sabtu (27/2/2021).

DR Robinson Sitorus SH MH dipindah tugaskan ke Kejati Riau dengan mengemban tugas sebagai Assisten Pembinaan Kejaksaan Tinggi Riau. Sementara penggantinya, Baringin Pasaribu, merupakan pindahan dari Kajari Landak Kalimantan Barat.

Acara serah terima jabatan Kajari Balige kepada Baringin Pasaribu SH MH, dihadiri Bupati Ir Poltak Sitorus dan Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak SE, yang baru sehari dilantik menjadi Kepala Daerah Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Toba.

Ir Poltak Sitorus dalam sambutannya, mengucapkan selamat bertugas bagi kedua pejabat tersebut. "Selamat datang kepada Kajari Toba yang baru Baringin Pasaribu SH MH dan selamat jalan bagi bapak DR.Robinson Sitorus SH MH ke tempat tugas yang baru dengan mengemban jabatan baru menjadi Assisten Pembinaan Kejaksaan Tinggi Riau," ujarnya.

Ir Poltak Sitorus menyebutkan kedepan diharapkan antara Kejaksaan Negeri Toba dengan Pemkab Toba bisa saling bekerja sama untuk mewujudkan program pembangunan di Kabupaten Toba.

"Kedepan Kejaksaan Negeri Toba dengan Pemkab Toba bisa saling bekerja sama untuk mewujudkan program pembangunan di Kabupaten Toba sebagaimana yang telah diprogramkan pemerintah pusat oleh Presiden RI Ir Joko Widodo dalam upaya pembangunan kawasan pariwisata nasional destinasi Danau Toba menuju destinasi pariwisata internasional," ujarnya.

Di masa pandemi ini lanjut Bupati, memang tantangan yang harus dihadapi, namun hal tersebut tidak membuat berhenti untuk melakukan berbagai terobosan program baru untuk meningkatakan pembangunan demi kesejahteran masyarakat Kabupaten Toba.

"Tentunya, semua itu harus kita laksanakan secara bersama sama sebagaimana yang telah diprogramkan oleh pemerintah pusat demikian juga dengan program pembangunan kabupaten Toba kedepan di masa kepemimpinan kami. Kita harus tingkatkan dan suskeskan pelaksanaan program pembangunan KSPN Danau Toba menuju pariwisata go internasional," ungkap Poltak.

Kajari Toba, Baringin Pasaribu SH MH, dalam sambutannya menyebutkan pihaknya siap berkoordinasi dan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Toba dalam mewujudkan program pembangunan nasional yang di programkan Presiden Joko Widodo, pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

Untuk mendukung dan mewujudkan hal tersebut, kedepan akan menggelar rapat koorsinasi bersama guna mengambil berbagai kesepakatan kerja dengan tetap mematuhi aturan-aturan yang telah baku, guna menghindari berbagai pelanggaran hukum dan tindakan KKN dalam menjalankan roda pemerintahan.

Ini lanjut Kajari, dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih, bebas dari KKN dan berbagai tindakan pelanggaran hukum lainnya yang berakibat tersendat program.

Sebelumnya Ketua DPRD Toba Efendi SP Napitupulu,SE dalam sambutannya mengatakan kehadiran Kepala Kejaksaan yang baru, akan melahirkan warna baru dalam upaya sinkronsisasi kerjasama Pemerintan Daerah Kabupaten Toba, DPRD Kabupaten Toba dengan Kejaksaan Negeri Toba. Sehingga kedepan semakin bertambah baik dalam pelaksanaan peningkatan pembangunan di Kabupaten Toba.

Dimasa kepemimpinan Kajari lama sebutnya, telah banyak melakukan terobosan baru di Kabupaten Toba.

Serah terima jabatan ini juga dihadiri para pimpinan Forkopimda Kabupaten Toba seperti Ketua PN Lenni Napitupulu SH MH, Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya SIK MH, mewakili DANDIM 0210 TU Pabung Mayor Inf. Kaminton Napitupulu, penguasaha Labersa Hotel, Harangan Hutahaean, Ketua Umum DPP Komite Danau Toba Edison Manuring, Kepala SKPD Pemkab Toba dan Perwakilan BUMN/BUMD.

Acara serah terima jabatan digelar dengan tetap melaksanakan dan mematuhi prokes Covid-19 dengan tetap mengunakan masker guna memutus mata rantai penularan dan paparan pandemi Covid-19.