TOBA - Pipa saluran transmisi air bersih PDAM Tirtanadi di Kecamatan Laguboti tepatnya di Jalan Partahan Bosi di depan Gereja HKBP Godung dan Sekolah Tinggi Bibel Vrow HKBP, Kecamatan Laguboti, mengalami kebocoran.

Pantauan www.gosumut.com Selasa (23/2/2021) sepanjang Jalan Partahan Bosi menjadi rusak bak kubangan kerbau, karena bocornya pipa air bersih milik PDAM Tirtanadi Balige di Kecamatan Laguboti.

Bocornya pipa air bersih tersebut ditengarai karena lapisan jalan yang menipis dan selalu dilewati mobil mini bus dan beberapa truk yang setiap hari lalu lalang melintasi jalan tersebut.

Hutapea (48) warga setempat menuturkan, jalan yang rusak saat ini pada tahun 2020 lalu sudah dihotmix, namun tidak ada penambahan penimbunan jalan untuk menaikkan permukaan jalan.

Akibat hal tersebut, membuat pipa taransmisi air bersih PDAM Tirtanadi Balige di Kecamatan Laguboti mengalami tekanan hebat saat dilindas berbagai jenis mobil yang lalu lalang, hingga akhirnya pipa salura air bersih yang tertanam mengalami kebocoran ataupun pecah seperti saat ini.

Camat Laguboti, Pintor Pangaribuan saat dikofirmasi Gosumut.com di kantornya menjelaskan, bocornya pipa air bersih tersebut terjadi di Jalan Gereja HKBP Pasar Laguboti, tepatnya di depan rumah Dinas Camat Laguboti, Jalan Tangsi Pasar Laguboti, Jalan Diponegoro Sitakkola Laguboti, Jalan SMA N.1 Laguboti, Jalan Danau Toba Lumban Bagasan, Simpang Tiga Haunatas, Desa Siraja Gorat dan jembatan menuju Desa Hutulian (Lumban Bagasan).

"Pada tahun 2020 lalu kita sudah berulangkali melaporkannya ke PDAM Tirtanadi Balige, namun oleh pemimpin yang lama tidak merespon, kita tidak tau apa alasan mereka tidak mau merespon laporan pengaduan kami," bebernya.

Melihat pipa air bersih yang bocor dan sudah membanjiri ruas Jalan Partahan Bosi dan di beberapa titik di Kecamatan Laguboti, awak media ini berkat permintaan beberapa pelanggan melaporkannya langsung kepada Kepala Cabang PDAM Tirtanadi Balige Kabupaten Toba yang baru, Afdoli.

Mendapat informasi dan aduan dari pelanggannya, Kacab PDAM Tirtanadi Balige Afdoli langsung menurunkan tim dan teknisinya untuk melakukan perbaikan di semua titik yang mengalami kebocoran dengan dikomando oleh Kepala Bidang Pengawasan, Sukamto.

Afdoli menyampaikan, dalam 2 bulan di awal tahun 2021 menjadi kepala cabang, pihaknya sedang melakukan pemeriksaan dan perbaikan di beberapa ruas pipa saluran transmisi air bersih yang mengalami kerusakan dan kebocoran.

"Kita berharap kepada semua pelanggan kita, bila mengalami kerusakan atau melihat dan mengetahui adanya pipa air bersih yang bocor, segeralah melaporkannya kepada kita supaya kita cepat menanganinya untuk melakukan perbaikan supaya jangan sampai mengganggu kebutuhan konsumen pelanggan akan air bersih," pesannya.

Untuk mengoptimalkan pelayanan pengawasan dan perbaikan kerusakan serta mengoptimalkan pelayanan PDAM kepada konsumen pelanggam, pihaknya juga merencakan akan merekrut tenaga teknisi dan membuka unit layanan baru di Kecamatan Laguboti.

"Namun sebelum itu kita akan koordinasikan lebih dulu kepada pimpinan yang lebih tinggi di propinsi," ungkap Afdoli.