JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat Solidaritas Indonesia Tionghoa Demokrasi (DPP SOLITD) mengapresiasi kampanye Beli Kreatif Danau Toba yang diluncurkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno belum lama ini. Menurut Ketua Umum DPP SOLITD, Drs Herri Zulkarnain Hutajulu SH MSi, gerakan ini menjadi contoh kolaborasi kerja dalam membangun ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia khususnya di kawasan Danau Toba.

"Saya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Bapak Sandiaga Uno dan jajarannya atas kerja keras dalam peluncuran Kampanye Beli Kreatif Danau Toba. Semoga dengan peluncuran ini pariwisata kita bangkit dan ekonomi UMKM kita semakin bergairah khususnya di 8 kabupaten yang mengelilingi kawasan Danau Toba," ujar Herri di dampingi Sekjend DPP SOLITD Ferdinan Ghodang SE SH MH, Selasa (23/2/2021).

Peluncuran ini, imbuh Herri, diharapkan dapat mendorong usaha kreatif untuk lebih gencar memamerkan kerajinan tangan maupun olahan khas masing-masing daerah, sehingga peningkatan ekonomi semakin baik lagi.

"Kita ketahui bahwa kawasan Danau Toba ini terdapat 8 kabupaten seperti Dairi, Toba, Simalungun, Pakpak Barat, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Karo dan Samosir. Semoga dengan adanya kampanye ini dapat lebih mendongkrak kesejahteraan pelaku usaha kreatif dan tentunya meningkatkan jumlah wisatawan lokal maupun mancanegara untuk hadir di Danau Toba," tandasnya.

Herri juga berharap, peluncuran ini bisa menjadi role model bagi kawasan wisata lainnya untuk menumbuhkembangkan ekonomi rakyat di tengah pandemi Covid 19. "Tentunya tetap dengan melaksanakan protokol kesehatan," tutupnya.