TOBA - Dalam upaya mengantisipasi dan memantau serta memutus penularan penyebaran paparan wabah pandemi Covid-19, Unit Pelayanan Teknis Samsat bersama Polres Toba di Jalan Somba Debata Balige Kabupaten Toba menggunakan kamera thermal pengukur suhu tubuh sebagai pendeteksi paparan virus Corona.

Kanit Reg Ident Samsat Polres Toba Ipda Welperik Sianipar, Sabtu (20/2/2021), kamera thermal tersebut ditempatkan di area publik tepatnya di pintu masuk kantor untuk pengecekan suhu tubuh warga yang datang mengurus surat surat dan pajak kendaraan masing masing.

Tingkat akurasi dan minimnya human eror kamera thermal ini, ujar Welperik membuatnya lebih direkomendasikan dibanding termometer tembak (Thermo Gun), untuk pengecekan suhu tubuh seseorang dengan kemungkinan kontak yang lebih sedikit. Selain itu penggunaan alat ini juga lebih efektif dan efisien.

"Dengan kecanghihan tehnologi Kamera thermal ini dan akurasi deteksinya lebih minim 'human error', kita berharap berbagai area dan fasilitas penting di daerah kita seperti perkantoran pemerintah dan swasta, pasar, stasiun, pelabuhan, terminal hingga sekolah hendaknya memasang dan mengunakan kamera thermal ini," ujarnya.

Sebab sambungnya, kamera thermal ini juga terkoneksi dengan monitor dan CCTV, sehingga petugas dan pengunjung dapat melihat pengukuran suhu tubuh, namun alarm hanya dapat didengar petugas jaga.

"Jika dipastikan ada terdeteksi pengunjung dengan suhu tubuh tinggi di kamera thermal, staf melaksanakan pelaporan, pemeriksaan, larangan masuk, dan isolasi sesuai SOP," katanya.

Rudi Sinaga (48) warga Ajibata yang hendak mengurus perpanjangan STNK kendaraannya kepada GoSumut mengatakan keberadaan kamera thermal sangatlah mendukung dalam upaya meningkatkan keamanan dari paparan Covid-19. Sebab menjadi salah satu upaya deteksi dini suhu tubuh di ruang publik.

Pantauan GoSumut, setiap warga yang hendak akan masuk berurusan ke dalam kantor Samsat Balige Polres Toba, semua harus mengunakan masker kemudian diawali dengan memcucui tangan di tempat yang sudah disediakan selanjutnya mendekatkan kening atau lengan ke kamera thermal untuk di ukur suhu tubuhnya.

Kemudian pengunjung masuk ke dalam bilik sterlisasi yang telah disediakan dengan kipas angin bercampur uap desinfektan guna ditiupkan melalui hembusan kipas angin guna mensterilkan dari paparan wabah Covid-19. Setelah itu, barulah diperkenankan masuk ke dalam ruangan kantor untuk mengurus keperluannya.