MEDAN - Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) Sumatera Utara bersama PT Nestle Indonesia, menyerahkan bantuan kepada pemulung di sekitaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Terjun di Kecamatan Medan Marelan, Sabtu (20/2/2021). Bantuan berupa voucher belanja ke Indomaret tersebut, diberikan kepada sebanyak 200 pemulung dengan nilai voucher Rp150 ribu atau total sebesar Rp 30 juta.

"Voucher ini bisa ditukarkan dalam bentuk sembako, makanan kebutuhan pokok rumah tangga, tujuannya untuk pensejahteraan pemulung menghadapi pandemi Covid 19 ini," ujar Ketua IPI Sumut, Risdianto di dampingi Sekjen IPI Sumut, Erwin Simbolon.

Menurut Risdianto, pemulung yang ada di Terjun ini tidak hanya berdomisili di Medan Utara saja, melainkan juga dari daerah Medan Amplas, Medan Denai, dan Pancurbatu Kabupaten Deli Serdang.

"Justru kebanyakan dari mereka yang mengais rezeki di sini. Kita prihatin dengan kondisi mereka, sehingga kami salurkan bantuan ke TPA tersebut," jelasnya.

Saat ini, sambung Risdianto, IPI Sumut sudah menyalurkan bantuan tahap ke 13, namun dalam bentuk voucher yang dapat ditukarkan untuk membeli keperluan seperti sembako.

"Dan bantuan ini Insya Allah akan terus berkelanjutan kita berikan," harapnya.