LANGKAT - Seekor anak gajah lahir sehat dengan bobot 60 Kg, memiliki lingkar dada 104 sentimeter dan tinggi bahu 80 sentimeter.


"Bayi ini lahir dari induk Gajah Sumatera, yang kami beri nama Sari dan kini sudah berumur 42 tahun. Anak gajah Sari ini lahir pada Senin (1/2/2021) sekira pukul 04.00, berjenis kelamin betina dengan kondisi sehat di kandang karantina," ujar Humas Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BB TNGL), Sudiro saat dikonfirmasi Gosumutco, Sabtu (6/2/2021).

Sudiro yang juga mantan Kepala Seksi SPTN Wil V Bukit Lawang menjelaskan, Sari telah melahirkan dua generasi, kelahiran pertama pada tahun 2012 diberi nama Amelia.

Sari merupakan satwa liar yang ditangkap dari Blok Hutan wilayah Gampong Keude Gie, Kecamatan Bandar Dua, Kabupaten Pidie Jaya, Propinsi Aceh pada tahun 1991 silam.

Induk dan anak gajah kini berada di pusat pelatihan satwa khusus Resort Tangkahan SPTN Wil III BB TNGL di Desa Namo Sialang, Kecamatan Batang Serangan, yang diawasi petugas penjaga dilengkapi dengan pengawasan kesehatan satwa dari dokter hewan.

Dengan kelahiran anak gajah ini, sambung dia, keluarga satwa gajah jinak di Langkat berjumlah 9 ekor.