TAPUT - Tiga tersangka spesialis pencuri ternak berhasil dibekuk anggota Sat Reskrim Polsek Parmonangan jajaran Polres Taput, Selasa (2/2/2021) dini hari kemarin sekira pukul 00.30. Ketiga tersangka masing masing berinisial DL alias Dedi (19) pelajar kelas III SMK yang berdomisili di Desa Pagar Batu, Kecamatan Sipoholon, Taput, LH alias Leo (15) pelajar kelas I SMP, asal Desa Pagar Batu, Kecamatan Sipoholon, dan HM alias Haikal (16) pelajar kelas 1 SMK asal Desa Lobu Sunut, Kecamatan Parmonangan, Taput.

Kapolres Taput, AKBP Muhamnad Saleh melalui Kasubbag Humas Aiptu W. Baringbing saat dikonfirmasi wartawan membenarkan penangkapan ketiga pelajar spesialis pencuri ternak.

"Ketiga tersangka diamankan ketika sedang melakukan aksinya mencuri ternak karbau milik Nassi Manalu (57) warga Desa Lobu Sunut, Kecamatan Parmonangan, Taput," ujar Baringbing, Kamis (4/2/2021).

Di mana, lanjut dia, ketiga pelaku berhasil ditangkap ketika sedang menarik kerbau milik korban yang sudah berhasil dilepaskan dari ikatan tambatan kerbau persis di depan rumah korban.

"Usai talinya dilepas oleh ketiga tersangka, ternak ditarik sejauh 3 meter untuk membawanya ke tempat yang aman. Namun, aksi ketiga kepergok tetangga korban Rismali Br Purba yang terbangun dan mendengar suara kasak kusuk di luar rumah," imbuh dia.

Saat melihat ada orang yang tidak dikenalnya sedang menarik kerbau, Rismali berteriak kencang, sehingga warga desa dan pemilik ternak seketika langsung terbangun dan mengepung para tersangka.

"Ketiga tersangka DL dan LH saat itu berhasil diamankan, sedangkan HM saat itu berhasil meloloskan diri dari kepungan warga desa," bebernya.

Dari hasil pengembanagan dan pemeriksaan Sat Reskrim Polsek, Kedua tersangka mengakui perbuatannya.

Kepada penyidik, mereka mengaku, telah merencanakan untuk melakukan aksi pencurian ternak, namun tidak tertuju jenis ternak yang menjadi sasaran.

"Yang pasti tujuannya kalau babi yang ada itu dicuri, anjing yang ada itu juga bisa, atau kerbau dan sapi yang ada, itu pun akan disikat," aku kedua tersangka.

Berdasarkan penerangkan ketiga pelaku pencurian ternak babi, anjing dan ayam, diakui mereka sudah terbiasa dan sering melakukannya.

Untuk memuluskan rencana pencurian, mereka telah merental 1 unit mobil Avanza pada siang harinya untuk digunakan sebagai operasional mereka.

"Berkat kegigihan dan kesigapan kerja keras personel Sat Reskrim Polsek Parmonangan, akhirnya tersangka HM berhasil diciduk Kamis (4/2) pagi dari tempat persembunyiannya," bebernya.

Ketiga tersangka saat ini ditahan di Polsek Parmonangan untuk penyelidikan dan pemeriksaan lebih lanjut.