TOBA - Sebanyak 2 dari 24 pegawai Sekretariat Kantor Bupati Toba terkonfirmasi Covid 19 setelah melakukan uji swab oleh petugas kesehatan Laboratorium RSUD Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).


Di mana pada sebelumnya, ke 24 pegawai in dinyatakan reaktif Covid pada pemeriksaan tes cepat beberapa waktu lalu.

"Sebanyak 22 orang bersih dari paparan Covid-19 dan 2 orang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19," ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Toba Siti Nuraya Sirait, kepada Gosumut.com, Kamis (4/2/2021).

Menurut dia, terkonfirmasinya 2 pegawai dinyatakan berdasarkan surat keterangan hasil pemeriksaan Laboratorium RSUD Tarutung Kabupaten Taput Nomor : 445/667/II/2021 perihal hasil pemeriksaan RT-PCR yang menyatakan dari 24 yang telah diperiksa Swab Test (RT-PCR), 22 diantaranya negatif dan 2 lainnya terkonfirmasi positif.

Siti juga menerangkan, tim medis Dinas Kesehatan bersama Satgas Covid-19 langsung melakukan straching dan pengambilan swab test di instansi tempat bertugas yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Hal tersebut sebagai pemeriksaan awal kepada beberapa orang yang sebelumnya telah melakukan kontak erat dengan si oknum yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19," bebernya.

Kedua pegawai yang dinyatakan terkonfirmasi positif yakni pegawai dari Bagian Pembangunan Sekretariat Kantor Bupati Toba dan seorang lainnya dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Toba.

"Hari ini semua yang melakukan kontak erat dengan oknum yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari 2 instansi telah melakukan Swab Test di Puskesmas Soposurung Balige. Untuk hasilnya akan diketahui besok Jumat (5/1/2021)," ujar Siti.