MEDAN - Tim medis RSUP H Adam Malik akhirnya menuntaskan operasi penutupan luka di dada dan perut bayi kembar siam dempet dada dan perut sekira pukul 21.30. Kini, Adam dan Aris, sudah berada di Ruang ICU Anak dengan pemantauan ketat tim medis.
"Alhamdulillah lancar. Saat ini kedua bayi sudah di ruang ICU anak," kata Sekretaris Tim Penanganan Bayi Kembar Siam, dr Rizky Adriansyah SpA (K), di RSUP H Adam Malik, Rabu (20/1/2021) malam.

Rizky menjelaskan, Adam dan Aris berhasil dipisah 17.40. Namun, pada pukul 21.30 baru bisa dipindahkan ke ICU setelah dilakukan penutupan luka di dada dan perut.

"Pukul 17.40 berhasil dipisah. Hanya jam 21.30 baru bisa pindah dari ICU, karena masih dilakukan operasi penutupan luka. Masih perlu pemantauan ketat, sejauh ini kondisinya stabil," imbuhnya.

Operasi pemisahan bayi kembar siam Adam dan Aris ini menjadi kali keempat dilakukan di RSUP HAM. Sebelumnya, tim dokter dari rumah sakit terakreditasi Joint Commission International ini sudah berhasil memisahkan bayi kembar siam Mariana-Mariani asal Aceh Timur pada tahun 2005, Sahira-Fahira dari Asahan (2017) dan Adam-Malik dari Tapanuli Utara (2019).

“Ini yang keempat untuk pemisahan kembar siam di RSUP HAM. Mohon doa restu dari seluruh masyarakat Sumut,” pungkasnya.