DELI SERDANG - Sebanyak 34.840 vaksinasi Covid-19 tahap II sudah tiba di Bandar Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara (Sumut), Jumat (15/1/2021). Ribuan vaksin Sinovac buatan Cina dari PT Biofarma itu dibawa dengan maskapai Garuda Indonesia dari Bandara Soekarno-Hatta Internasional Airport dan tiba pelataran pesawat (Apron) Kualanamu.

Selanjutnya vaksin tersebut langsung dibawa petugas ke Terminal Kargo Bandara Kualanamu.

Manager Cargo PT Garuda Indonesia, Janova ketika dihubungi membenarkan kedatangan vaksinasi Covid-19.

"Iya, benar. 34.840 vaksinasi Covid-19 yang dikemas dengan 18 koli dengan berat 662 kilogram dari pemerintah pusat dibawa dengan pesawat Garuda bernomor GA 182 tiba pada pukul 10.00 WIB, merupakan tahap II,'' ujar Janavo dihubungi melalui sambungan telepon selulernya.

Janova menerangkan, ribuan vaksinasi Covid-19 tahap II ini setelah tiba di Bandara Kualanamu akan dibawa ke Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Sumut Jalan Thamrin, Medan.

"Vaksinasi dibawa gudang dengan dikawal oleh ratusan kepolisian dari Brimob Polda Sumatra Utara," terangnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut, dr Aris Yudhariansyah membenarkan hal yang sama bahwa ribuan vaksinasi Covid-19 tahap II sudah tiba di Bandara Kualanamu.

"34.840 vial vaksin COVID-19 itu ditujukan kepada 30 kabupaten/kota di luar dari Medan, Binjai dan Deli Serdang," pungkasnya.

Untuk diketahui, PT Biofarma telah mendistribusikan vaksin Sinovac ke-12 provinsi di Indonesia, Minggu (3/1/2021), di antaranya ke Sumatra Barat, Jambi, Sumatra Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Banten serta Sumatra Utara.

Sumatwra Utara sendiri sebanyak 40.000 vaksinasi Covid-19 dari pemerintah pusat sebelumnya sudah tiba di Bandar Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (5/1/2021) lalu.